POTENSI RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhizae Roxb) DALAM MELINDUNGI HATI DARI ZAT HEPATOTOKSIK PADA MENCIT (Mus musculus)

UCE SUGIHARTATI, 069512160 (2000) POTENSI RIMPANG TEMULAWAK (Curcuma xanthorrhizae Roxb) DALAM MELINDUNGI HATI DARI ZAT HEPATOTOKSIK PADA MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 47.02 sug p.pdf

Download (587kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rimpang temulawak mampu melindungi hati dari kerusakan akibat penggunaan parasetamol. Dejumlah 24 ekor mencit jantan berumur 3 bulan dengan berat badan rata-rata 30 gram digunakan sebagai hewan percobaan yang dibedakan atas empat kelompok. Kelompok kontrol tidak diberi infusa simpang temulawak dan kelompok perlakuan diberi infusa rimpang temulawak masing-masing dengan konsentrasi 5%, 10%, 20% selama 6 hari berturut-turut. Pada hari ke 4-6 diberi parasetamol dengan dosis 1,09gr/kg BB/hari. Pada hari ke 7 semua mencit dibunuh. Selanjutnya hatinya dibuat preparat histologi dan dilakukan pemeriksaan secara mikroskopik. Hasil pemeriksaan diberi skor dan kemudian dianalisis dengan uji Kruskall wallis, bila didapatkan perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Z 5% untuk mengetahui perbedaan pada masing-masing perlakuan. Hasil statistik menunjukkan adanya perbedaan yang nyata antar kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol ditinjau dari gambaran hispatologik dan terdapat perbedaan efek pada msing-masing konsentrasi infusa yaitu konsentrasi 10% dan 20% lebih efektif dibandingkan konsentrasi 5%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 47.02 Sug p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Temulawak, Hepatotoksik, Mus musculus
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
UCE SUGIHARTATI, 069512160UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOH. MOENIF, M.S.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorWURLINA, MS.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jul 2017 16:38
Last Modified: 09 Jul 2017 16:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item