EFEK PENGGUNAAN PROBIOTIK TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN AYAM "DORAB" FASE STARTER

SYLVIA, 069512172 (2001) EFEK PENGGUNAAN PROBIOTIK TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI, KONVERSI DAN EFISIENSI PAKAN AYAM "DORAB" FASE STARTER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 50.02 syl e.pdf

Download (594kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian probiotik dalam pakan untuk meningkatkan pertambahan berat badan, efisiensi pakan, konsumsi pakan dan konversi pakan ayam Dorab pada fase starter. Sejumlah 48 ekor anak ayam Dorab yang berumur dua minggu digunakan sebagai hewan coba. Selama percobaan anak ayam tersebut diberi pakan dengan komposisi 40% jagung. 22% bekatul, 11% tepung ikan, 24% bungkil kacang kedelai, 2% minyak dan I % premix. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acnk Lengkllp (RAL) dengan ernpat perlakuan yang masing-masing terdiri dwi enam ulangan. Data dianalisis menggunakan Analisis Varian yang dilanjutkan dengan Duncan's Multiple Range Test serta Analisis Regresi. Probiotik yang digunakan bersifat proteolitik, amilolitik dan saccarolitik, berbentuk serbuk dan dicampUIkan pada pakan yang mulai diberikan pada saat ayam berumur dua minggu. Pada perlakuan PO tidak diberikan probitik dalam pakan, perlakuan PI pernberian probiotik dengan kadar 0,25% dari tetal pakan, perlakuan P2 pemberian probiotik dengan kadar 0,50% dan perlakuan P3 pemberian probiotik dengan kadar 0,75% dari total pakan. Penimbangan badan dilakukan seliap minggu selama enam minggu berturut-turut. Penimbangan sisa pakan dilakukan setiap han. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernberian probiotik dengan kadar 0,50% dalam pakan dapat meningkatkan perternbahan berat badan pada ayam Dorab fase starter. Pernberian probiotik dengan kadar 0,25% dalam pakan menghasilkan pengkonsumsian pakan yang lebih sedikit dan konversi pakan terendah serta efisiensi pakan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 50.02 Syl e FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Probiotik, Food-Animal
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SYLVIA, 069512172UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorROMZIAH S. BUDIONO, PhD.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorSURYANIE SARUDJI, M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jul 2017 17:20
Last Modified: 09 Jul 2017 17:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item