PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 32 PADA LAPORAN KEUANGAN HAK PENGUSAHAAN HUTAN (HPH) PT. PORODISA TRADING" INDUSTRIAL co. LTD. SAMARINDA

MARGARETHA DIANA PATTIASINA (2004) PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 32 PADA LAPORAN KEUANGAN HAK PENGUSAHAAN HUTAN (HPH) PT. PORODISA TRADING" INDUSTRIAL co. LTD. SAMARINDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 172.05 Pat p ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hutan merupakan sumber daya a1am yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila sumberdaya hutan tersebut terjamin keberadaannya dan dapat berfungsi secara optimal, yaitu sebagai fungsi ekologi, ekonomi dan sosia1.Keberhasilan pembangunan kehutanan tidak hanya diukur dari faktor ekonomi semata, namun juga harns dari aspek-aspek sosial dan ekologinya.Dari segi ekonomi harns mampu memberikan sumbangan bagi pertumbuhan perekonomian nasional dan pengembangan wilayah dan segi sosial hams mampu menciptakan lapangan pekerjaaan, pemerataan dan kesejahteraan sosial masyarakat.Sedangkan dari ekologinya dituntut untuk dapat menciptakan lingkungan yang mendudung kehidupan dan menjamin kelestarian hutan.Salah satu yang berperan dalam menciptakan pelaksanaan kegiatan pengusahaan hutan secara profesional adalah berupa tersedianya informasi secara benar dan memadaiSalah satu infonnasi yang diharapkan dapat memberikan gambaran yang menyeluruh tentang perkembangan perusahaan pengusahaan hutan adalah berupa Laporan Keuangan perusahaan HPH. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) sebagai wadah profesi Akuntan di Indonesia senantiasa tanggap terhadap perkembangan masyarakat, lQlususnya dunia usaha.Dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik Industri pengusahaan hutan, IAI telah mensyahkan PSAK untuk perusahaan HPH Indonesia yang dituangkan dalam PSAK No.32.BerIalrunya Akuntansi Kehutanan dalam semua perusahaan yang berkaitan dengan pengusahaan hutan maka diharapkan terdapatnya keseragaman dalam praktik-praktik alruntansi pelaporan keuangan oleh perusahaan HPH di Indonesia, sehingga mendorong terciptanya komparabilitas laporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membandingkan serta mengevaluasi data-data laporan keuangan yang diperoleh penulis dalam melakukan penelitian dengan teori yang ditetapkan pada PSAK No.32. Sehingga penulis bisa mengambil keputusan, apakah hipotesa yang diajukan benar atau salah. Hasil penelitian dengan metode evaluasi laporan keuangan tersebut diatas diperoleh kesimpulan bahwa PT.Porodisa Trading & Industrial Co.,L TD belum sepenuhnya melaksanakan penyusunan Laporan Keuangan Pengusahaan Hutannya sesuai dengan PSAK No.32.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARGARETHA DIANA PATTIASINANIM049621032-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Jul 2017 20:44
Last Modified: 09 Jul 2017 20:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item