LAPORAN BIAYA LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT BANTU UNTUK MENGENDALIKAN KUALITAS LINGKUNGAN PADA PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO) DI SIDOARJO

GOMGOM P. SIANTURI, 0401U869 E (2004) LAPORAN BIAYA LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT BANTU UNTUK MENGENDALIKAN KUALITAS LINGKUNGAN PADA PT. INDUSTRI SODA INDONESIA (PERSERO) DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK A 173.05 Sia l ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan biaya lingkungan menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan yang serius dalam usaha perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan. sehingga laporan biaya lingkungan menjadi langkah awal yang baik dalam pengendalian kualitas lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan laporan biaya lingkungan sebagai alat bantu untuk mengendalikan kualitas lingkungan pada PT. Industri Soda Indonesia (Persero). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Model laporan biaya lingkungan yang digunakan adalah hasil pemikiran dari Hansen dan Mowen yang terdiri dari empat kategori biaya lingkungan. Analisis terhadap penggunaan laporan biaya lingkungan untuk mengendalikan kualitas lingkungan meliputi tiga analisa yaitu analisa pola distribusi relatif biaya lingkungan, analisis trend biaya lingkungan dan analisa laporan kinerja biaya lingkungan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa berdasarkan analisis terhadap penggunaan laporan biaya lingkungan untuk mengendalikan kualitas lingkungan dapat diketahui bahwa usaha perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan pada PT. Industri Soda Indonesia (Persero) masih belum sepenuhnya berjalan optimal karena belum tercapainya penghematan biaya lingkungan, meskipun dalam laporan biaya lingkungan tiap peri ode triwulan selama tabun 2002 sudah menunjukkan adanya penurunan tingkat biaya lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
GOMGOM P. SIANTURI, 0401U869 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dr., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Jul 2017 20:57
Last Modified: 09 Jul 2017 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58519
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item