PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KINERJA MANAJER PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PPD JAWA TIMUR

EVA MEILINA, 040016726 (2004) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KINERJA MANAJER PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PPD JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk a 177.05 mEI p.pdf

Download (407kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mengelola suatu perusahaan dipedukan seorang pemimpin yang dapat diandalkan terutama pada perusahaan besar agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Banyaknya persoalan yang dihadapi dalam perusahaan besar membuat pimpinan perlu membuat struktur organisasi yang disertai dengan deskripsi jabatan yang jelas. Hal tersebut dilakukan agar pimpinan dapat mendistribusikan tugas dan wewenang kepada bawahannya sehingga timbul tanggung jawab dari bawahan untuk melaksanakan tugas dengan baik. Untuk itu, pimpinan memerlukan suatu informasi tentang pertanggungjawaban bawahannya. Informasi tersebut dapat diperoleh pimpinan dengan menerapkan akuntansi pertanggungjawaban pada perusahaan. Akuntansi pertanggungjawaban memberikan manfaat bagi perusahaan salah satunya adalah memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai kineIja manajer. Perusahaan dalam menerapkan akuntansi pertanggungjawaban harns memenuhi semua syarat antara lain struktur organisasi yang menentukan tugas dan tanggungjawab, anggaran yang disusun oleh tiap pusat pertanggungjawaban, pengklasifikasian biaya berdasarkan pengendalian, dan laporan pertanggungjawaban yang membandingkan anggaran dengan realisasi. Dari penelitian yang dilakukan pada PT. PUSRI PPD Jatim dapat diketahui bahwa perusahaan telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban. Namun, penerapan akuntansi pertanggungjawaban tersebutbelum dilakukan dengan baik. Hal ini terlihat pada PT. PUSRI PPD Jatim yang tidak ikut terlibat dalam proses penyusunan anggaran, biaya belum sepenuhnya diklasifikasikan berdasarkan pengendalian, dan laporan pertanggungjawaban yang belum sesuai dengan konsep akuntansi pertanggungjawaban. Oleh karena itu, PT. PUSRI PPD Jatim sebaiknya melaksanakan syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban dengan baik sehingga informasi yang diperoleh dapat digunakan PT. PUSRI PPD Jatim untuk menilai kineIja manajer di perusahaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
EVA MEILINA, 040016726UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYustrida Bernawati, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Jul 2017 23:16
Last Modified: 09 Jul 2017 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item