ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD Dr MOEWARDI SURAKARTA

FATMA RISDA HIDAYANTI, 131411123083 (2016) ANALISIS FAKTOR RISIKO YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD Dr MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 10-17 Hid a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengantar: Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit dengan angka kejadian dan kematian yang tinggi setiap tahunnya yang disebabkan oleh penyempitan arteri koroner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan faktor-faktor risiko dengan kejadian PJK serta mencari faktor risiko yang dominan. Metode: deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Variabel dependen adalah PJK dan independennya adalah faktor-faktor risiko PJK yang meliputi usia, jenis kelamin, dislipidemia, hipertensi, merokok, DM, stres, dan obesitas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden pasien PJK 49 pasien dan tidak PJK 49 pasien yang dirawat di RSUD Dr Moewardi Surakarta melalui sumber data primer kuesioner stres dan merokok serta data sekunder rekam medis. Uji statistik yang digunakan adalah analisa regresi logistic. Hasil: hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa faktor risiko yang dianalisis mempunyai p value < 0,05 adalah faktor usia, dislipidemia, hipertensi, dan DM. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa faktor risiko yang paling dominan adalah usia. Namun faktor dominan ini tetap erat kaitannya dengan faktor risiko PJK lainnya. Diskusi: Dengan mengetahui usia sebagai faktor dominan risiko PJK diharapkan seiring bertambahnya usia masyarakat lebih menghindari faktor-faktor risiko lainnya. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan intervensi berupa pendidikan kesehatan berdasarkan faktor dominan dan faktor- faktor risiko lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP. N. 10-17 Hid a
Uncontrolled Keywords: PJK, faktor risiko, usia, jenis kelamin, keturunan, hipertensi, dislipidemia, hipertensi, stres, obesitas, merokok
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
FATMA RISDA HIDAYANTI, 131411123083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbu Bakar, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Thesis advisorPraba Diyan R, S.Kep.Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Jul 2017 21:51
Last Modified: 10 Jul 2017 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item