INDRA WIRAWAN, 049314350
(1999)
ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN
TERHADAP PRESTASI KERJA
KARYAWAN BAGIAN SERVIS DI PUB 'X'.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pub adalah sebuah tern pat hiburan yang mcnyajikan berbagai macam acara hJburan, dimana b1asanya jum kerjanya pada mJ:am hari, Hibma!"! yang disajikan beranekaragam, mulai dad Irn: mUSIC, i/aflc(',jushirm show, dan banyak iagi. Disamping hi buran, ya!1g disajikan dlsini adi.'Ilah lr..clljual bcrbagai rnacam makanan dan minuman. Saa~ ini di Surabaya }'uh lll:1lbuh dcngan S"..ltJUf ucngan ditujukan untuk beragam scgmcn, mulai dari kcbs bU\\'jh. mcncngah luugga kelas atas, Untuk itu PUh~Pl,b yang ada pcr!u Incngatur manajcmcnnya dengan haik agar mampu bcrsaing dan bcrtahan dl tengah pcrsaingan yang semakin ketatDalam hal ini perusahaan mCHJulankan suatu program pelatihan bagi karyawannya yang mana diharapkan dapat mernpcrhaiki dan mengembnngkan sikap, tingkah taku, ketrampilan, pengetahuan dan Prestasi ke~ja karyuwan sesuai yang dlharapkan oleh perusahaan.
Pada penelitian ini akan dlbahas tcntang analisis pengamh faktor·faktor pelatihan terhadap Prestasi ker]il kuryawan di bag-ian servis JlN!> X dcngan variabel bebas ( X ) kemampuan pclatih" metode pelatlnan, mal:;:ri pelatihan, peserta pelatihan dan sarona peJatihan Sedangkan variabel tergantung ( Y ) adalah Prestasi keda karyawan.
Dad peneHlian in! hipotesis pt':rtama terbukti kebenamnnya, dimana faktor-faktor pelatihan yang terdiri dad kemampuan pclatih ,. metode peJatihan , materi peJatihan, peserta pelatthan , dan sarar.a pelatihan secara bersama-sama mcmpunyai pengaruh yang bennakna terhadap Prcstasi kerja karyu\llan di Puh X Kesimpulan ini didapat dati hasH analisis yang menunjukkan F hitung 319,785 lebih besar dari F tabel yang bernilai 3,69 dengan tingkat kef;alahan scbesar 0,00000000551 atau sangat kecii
Hipotesis kedua terhukti kebenarannya dimana vanabel kemampuan pelatlh rnempunyai pengaruh yang dominan terhadap Prestasl kcrja karya\van di Pub X. Keslmpulan int didapat dan analisis terhadap kemampuan pelatih yang menunjukkan bahwa t hitung lebih bcsar dari tabel yaitu 7.315 > 1,860 dengan tingkat kesalahan sebesar 0,00008 atau 0,008 %. Sedangkan r2 adaluh sebesaT = 0,8699 atau 86.99 % yang menunjukkan besamya pengaruh dari kemampuan pelatih secara parsiil terbadap Presta:;i keda karyawaR
Varjabel penilaian yang lain yaitu metode pe!atihan juga mernpll!1yai pengaruh yang bcrmakna terhadap Prestasi kerja kal).'awun d~ngan basil sebesur 4,133 yang !ebjh beS<1l' dan ( tabel (1,860 ), dengan tingkat kesalahan 0,00329 atau O~29 % dengan tingkat pengaruh sebesar 016810 atau 68,10 %. Materi pelatihan juga mempunyal pengaruh yang bermakna rerbadap Prestasi kelja karya\van dengan hasil sebesar 3,932 yang lebih bt!sar dari t tabcJ (1,860 ), dengar. tingkat kesalahan 0.00435 atau 0,435 %. dengan tingkat pcngaruh sehesar 0,6590 atau 65,90 %" Pc-serta peJatihan juga mempunyai pengaruh yang bermakna tcrhadap Presta.si kerja katyawan dengan hao;;il scbcsar 3,135 yang Icbib besar dan t tabel ( 1,860 ), dengan tingkat kesalahan 0,01391 atau 1,391 % denuan tingkat pengaruh sebesar 0,5513 atau 55,13 %, Peserta peiatihan juga mt!mpunyai pengaruh yang bermakna terhadilp Prestasi kerja kar}'ilwnn dengan hasH sebcsar 2,331 yang lebih be,ar dan t tabel (1,860 ), dongan tingkat kesalahan O.04812atau 4,812 % dengan tingkat pengaruh sebesar 0,4044 atau 40,44 %.
Pads akhir penelittan lni ternyata diperolch temuan bahwa faktor-faktor pelatihan yang dHaksanakan di Puh X mcrnpunyai pcngaruh yang signifikan terhadap Prestasi kerja karyl;l\van sebesar 99,5 %#Dan ditemukan pula bah\\'U faktar pelatihan yang dominan yang mempengaruhi Prestasi kcrja karyawan yaitu faktm kemampuan pelatih ,ebesar 86,99 %.
Actions (login required)
|
View Item |