NUR AISYAH, 049711463 E
(2003)
PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS
ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUASAN kONSUMEN
DALAM MENGKONSUMSI AIR MINUM KEMASAN GELAS
MEREK CLUB DI GRESIK.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Air bersih mutlak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, sebab air merupakan sumber kehidupan man usia. Oi Indonesia, pengelolaan dan distribusi air bersih dilakukan oleh Perusahaan Oaerah Air Minum (PO AM). Oleh karen a semakin. sUlitnya memperoleh air bersih dan POAM belum mampu memenuhi kebutuhan air minum secara maksimal, maka swasta menawarkan air bersih sebagai air minum. Sehingga banyak bennunculan industri air minum kemasan, salah satunya adalah merek Club.
Mengingat persingan industri air minum kemasan semakin meningkat, dan spesifikasi atribut prod uk yang ditawarkan sarna, maka pihak manajemen harus benar-benar memperhatikan kepuasan pelanggan, agar pelanggan tersebut tidak mudah berpaling ke merek lain. Menurut Outka (200 I :41), terdapat tiga atribut pembentuk kepuasan pelanggan secara universal. Salah satunya adalah atribut produk yang meJiputi harga, kuatitas, manfaat, bentuk, rancangan, dan ketahanan produk.
Skripsi ini memfokuskan penelitan pada pengaruh prsepsi konsumen atas atribut prod uk terhadap kepuasan konsumen dalam mengkonsumsi air minum kemasan gelas merek Club di Gresik. Atribut produk yang diteliti terdin dan empat atribut yaitu harga, kualitas, manfaat, dan ketahanan produk.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Oengan melibatkan 100 responden, data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reahbilitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis tinier berganda untuk mengetahui pengaruhpengaruh variabel bebas (harga sebagai X .. kualitas sebagai X2, manfaat sebagai Xl, dan ketahanan sebagai XJ. terhadap variabel tergantung (kepuasan sebagai Y) secara simultan dan parsial.
Hasil analisis yang diperoleh adalah Y = -0,418 + 0,180Xl + 0,330X2 + 0,445X3 + 0,123)4. Berdasarkan hasH uji hipotesis, variabel X .. X2, X3, dan )4 berpengaruh signifikan terhadap variabel tergantung, baik secara simultan maupun parsial. Koefisien korelasi sebesar 0,742 menunjukkan hubungan yang kuat antara X dan Y. Koefisien Adjusted R square sebesar 0,532 menunjullin 53,2 % kepuasan dipengaruhi olah variabel hatga, kualitas, manfaat dan ketahanan, sedangkan 46,8% yang lain dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |