PENGARUH RELIGIOSITY DAN ETHNOCENTRISM TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ASURANSI SYARIAH ALLIANZ DIMEDIASI OLEH PRODUCT JUDGMENT

MAHARSI BAYU PRANAWA, 041211232131 (2016) PENGARUH RELIGIOSITY DAN ETHNOCENTRISM TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ASURANSI SYARIAH ALLIANZ DIMEDIASI OLEH PRODUCT JUDGMENT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK B 20-17 Pra p.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 20-17 Pra p.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN B 20-17 Pra p.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
3. FULLTEXT B 20-17 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia menunjukkan kemajuan yang cukup baik. Kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah perlindungan atas berbagai macam risiko yang terjadi dan menimpa diri mereka sewaktu-waktu adalah salah satu penyebab tingginya penggunaan asuransi. Tak hanya itu saja, salah satu fakta bahwa Indonesia merupakan negara pemeluk agama Islam terbesar di dunia tentu akan mempengaruhi pola konsumsi masing-masing individu. Dampaknya asuransi berbasis syariah semakin diminati oleh masyarakat seiring kesadaran mereka akan pentingnya instrumen asuransi yang halal. Banyaknya perusahaan di Indonesia baik milik pemerintah maupun swasta, dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri juga turut mempengaruhi perilaku pemilihan asuransi bagi konsumen. Kecenderungan memilih produk dalam negeri biasa disebut dengan etnosentrisme. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiosity dan ethnocentrism terhadap minat menggunakan asuransi syariah Allianz yang dimediasi oleh product judgment. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 orang dengan metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu accidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah umat Muslim yang memiliki asuransi konvensional, mengenal asuransi syariah namun belum pernah memilikinya. Peneliti mendapatkan responden dengan cara meyebarkan kuesioner secara online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian ini yaitu religiosity berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Ethnocentrism tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Religiosity tidak berpengaruh terhadap product judgment. Ethnocentrism berpengaruh signifikan terhadap product judgment. Product judgment berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.20/17 Pra p
Uncontrolled Keywords: Religiosity, ethnocentrism, product judgment, purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8075-8107 Insurance business. Insurance management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MAHARSI BAYU PRANAWA, 041211232131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 12 Jul 2017 18:17
Last Modified: 12 Jul 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item