EVALUASI ON TIME PERFORMANCEI PADA MASKAPAI TIGER AIRWAYS RUTE SURABAYA – SINGAPURA DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL, DIAGRAM PARETO, DAN DIAGRAM SEBAB - AKIBAT

MUTIYA KURNIASTUTI, 041211233014 (2016) EVALUASI ON TIME PERFORMANCEI PADA MASKAPAI TIGER AIRWAYS RUTE SURABAYA – SINGAPURA DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL, DIAGRAM PARETO, DAN DIAGRAM SEBAB - AKIBAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 23-17 Kur e.pdf

Download (906kB) | Preview
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN B 23-17 Kur.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I-II)
3. BAB I-II B 23-17 Kur e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III - LAMPIRAN)
4. BAB III - LAMPIRAN B 23-17 Kur e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketepatan waktu penerbangan saat ini masih sangat kurang. Pengguna transportasi udara akan memilih penerbangan yang paling cepat, tepat, aman, dan nyaman dengan tidak mengabaikan unsur-unsur keselamatan. Salah satu maskapai yang menerapkan konsep Low Cost Carrier (LCC) dan tidak mengabaikan unsurunsur keselamatan adalah Tiger Airways yang merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah Singapura. Dengan semakin menjamurnya jumlah pesawat terbang menyebabkan overcapacity dan antrian pesawat baik di darat maupun di udara semakin lama dan semakin panjang. Hal ini menjadi salah satu penyebab jadwal penerbangan terkadang sering tertunda (delay). Alasan yang sering muncul ketika pesawat terlambat (delay) adalah alasan teknis, cuaca, komersial, dan gangguan operasional. Penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi data monthly report on time performance Tiger Airways selama periode yang ditentukan. Perhitungan menggunakan diagram kontrol untuk mengetahui penyebab penurunan nilai on time performance. Perhitungan dengan menggunakan diagram pareto untuk mengidentifikasi prioritas utama penyebab delay dan diagram sebab-akibat untuk mencari akar penyebab masalah utama terjadinya delay. Hasil evaluasi menunjukkan dengan metode diagram kontrol tingkat delay yang melewati BKA terjadi pada bulan Januari 2016 dengan persentase sebesar 60,87% dimana pada bulan itu jumlah delay yang terjadi sebanyak 14 kali dengan jumlah penerbangan sebanyak 23 kali. Hasil evaluasi menggunakan metode diagram pareto menunjukkan bahwa 80% dari tingkat delay yang terjadi disebabkan oleh tiga macam delay yaitu: late arrival of aircraft, air traffic control (ATC), dan teknis. Kemudian menggunakan metode diagram sebab-akibat ditemukan akar penyebab dari tiga macam delay yang dihadapi maskapai Tiger Airways. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa delay yang terjadi di setiap kali penerbangan diakibatkan kurang optimalnya kinerja operasional baik dari faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.23/17 Kur p
Uncontrolled Keywords: Ketepatan waktu, on-time performance, delay, kualitas jasa
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUTIYA KURNIASTUTI, 041211233014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuwanku Aria Auliandri, SE., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 12 Jul 2017 18:37
Last Modified: 12 Jul 2017 18:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item