POTENSI DAN PERLINDUNGAN TANAMAN TRADISIONAL KELOR DAN KEBEN

NIKE DESTIA NURALIM, 031311133139 (2016) POTENSI DAN PERLINDUNGAN TANAMAN TRADISIONAL KELOR DAN KEBEN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 47-17 Nur p ABSTRAK.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 47-17 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengetahuan tradisional masyarakat Indonesia masih dipertahankan. Di Indonesia pengetahuan tradisional terkait pengobatan tradisional digunakan secara turun menurun dan terkenal dapat mengobati penyakit tanpa memberikan efek samping. Keuntungan ini menarik perhatian pihak asing sehingga membuat mereka ingin belajar pengetahuan tradisional dan kemudian meniru pengetahuan tradisional tersebut untuk dikembangkan oleh pihak asing dan dijual kembali ke Indonesia dengan harga yang cukup mahal. Akan tetapi, penggunaan pengetahuan tradisional tersebut tidak sebanding dengan umpan balik yang diberikan kepada masyarakat tradisional mengingat tingginya keuntungan yang didapat oleh pihak asing. Banyaknya perbedaan karakteristik antara pengetahuan tradisional dengan HKI membuat perlindungan terhadap pengetahuan tradisional tidak dapat dilakukan dengan menggunakan aturan HKI. Diperlukan adanya tindakan preventif dan represif untuk mengatasi eksploitasi sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional Indonesia. Upaya preventif yang dapat dilakukan berupa pembuatan integrated database system, pembuatan lembaga yang terkait dengan pengetahuan tradisional serta pengesahan RUU PPTEBT. Untuk upaya represif yang dapat dilakukan adalah dengan pengesahan RUU PPTEBT dengan pemberlakuan sanksi yang diatur di dalam RUU PPTEBT, pemberlakukan RUU PPTEBT secara timbal balik, penyelesaian sengketa melalui WTO DSB dan gugatan LSM ke negara-negara yang merugikan pengetahuan tradisional. Kata kunci: Perlindungan Tanaman Tradisional, Tanaman Kelor dan Keben, potensi, biopiracy, Pengetahuan Tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 47-17 Nur p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Tanaman Tradisional, Tanaman Kelor dan Keben, potensi, biopiracy, Pengetahuan Tradisional.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB950-990.5 Pest control and treatment of diseases. Plant protection
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
NIKE DESTIA NURALIM, 031311133139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmi Jened, Prof. Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jul 2017 19:49
Last Modified: 12 Jul 2017 19:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58701
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item