Retno Sih Wulandari, 040237630 (2006) PENGARUH FUNGSI SIKAP PELANGGAN TERHADAP JANGKA WAKTU PEMBELIAN KEMBALI TELEPON SELULAR MEREK NOKIA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-wulandarir-2871-kkbkk-2-k.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-wulandarir-2871.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya perkembangan tekhnologi, mendorong manusia untuk melakukan berbagai inovasi di segala bidang kehidupan. Salah satu bidang kehidupan yang mengalami perkembangan pesat adalah bidang telekomunikasi. Dengan adanya inovasi tekhnologi telepon selular, proses telekomunikasi tidak lagi terbatas pada jaringan tetap, namun berkembang pada jaringan bergerak. Telepon selular atau lebih dikenal dengan istilah ponsel merupakan salah satu jenis produk durable (tahan lama) atau produk yang dapat dipergunakan berkali-kali. Konsumen pada umumnya baru akan membeli kembali ponsel yang merupakan produk durable, jika ponsel yang dimilikinya sudah tidak berfungsi dengan baik/ rusak atau karena konsumen ingin membeli kembali sebagai produk tambahan. Namun kecenderungan konsumen dalam melakukan pembelian kembali yang berkembang di masyarakat saat ini mengalami perubahan. Konsumen tidak lagi menunggu ponsel yang dimilikinya rusak, dan baru akan membeli kembali. Kecenderungan yang terjadi saat ini, konsumen menjadi lebih sering atau cepat mengganti ponselnya yang lama dengan ponsel tipe yang lebih baru meskipun ponsel yang lama masih dapat berfungsi dengan baik. Hal ini mempengaruhi jangka waktu pembelian kembali dan jangka waktu pembelian kembali dapat dipengaruhi oleh fungsi sikap yang terdiri dari: fungsi pengetahuan, fungsi ekspresi-nilai, fungsi penyesuaian-sosial, dan fungsi manfaat. Maka dari itu menarik untuk dilakukan penelitian mengenai pengaruh fungsi sikap pelanggan terhadap jangka waktu pembelian kembali telepon selular merek Nokia di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi sikap pelanggan terhadap jangka waktu pembelian kembali. Prosedur penelitian sampel diambil dari populasi konsumen yang membeli ponsel merek Nokia lebih dari satu kali, baik sebagai produk tambahan maupun sebagai produk pengganti. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, yaitu judgmental sampling dan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik, dengan uji Chi-square dan uji Wald. Dari hasil kuisioner yang telah disebarkan yang kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS 10.00, diperoleh hasil bahwa dari uji chi-square maupun uji Wald, fungsi sikap pelanggan mempunyai pengaruh terhadap jangka waktu pembelian kembali baik secara simultan maupun parsial. Sehingga disimpulkan, bahwa fungsi sikap mempunyai pengaruh terhadap jangka waktu pembelian kembali, dan perusahaan perlu mengetahui peran atau fungsi sikap yang dimiliki konsumen terhadap suatu produk yang akan mempengaruhi waktu pembelian kembali. Sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi segmen manfaat, mengembangkan produk baru, dan merencanakan serta mengevaluasi strategi promosi yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 149/06 Wul p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc. H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2017 20:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5874 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |