NIAT BERPINDAH KONSUMEN PADA NASABAH BANK DI SURABAYA

VILLA ROHMAWATI, 040912287 (2016) NIAT BERPINDAH KONSUMEN PADA NASABAH BANK DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 30-17 Roh n.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT B 30-17 Roh n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam menjaga sustainability perusahaan perbankan, memahami perilaku konsumen merupakan hal yang penting. Manajemen perbankan harus mengetahui faktor-faktor yang dapat mengurangi niat berpindah nasabah ke bank yang lain agar jumlah nasabah tidak berkurang. Dalam penelitian ini, harga yang dibayar nasabah ketika bertransaksi produk jasa perbankan, reputasi bank, kualitas layanan perbankan, efektifitas iklan pesaing dan biaya berpindah ke bank lain dapat mempengaruhi niat berpindah nasabah. Studi lapangan dilakukan dengan cara melakukan survei kepada nasabah yang memiliki tabungan di bank. Analisis dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode regresi liner berganda untuk menjawab hipotesis penelitian. Melalui pendekatan kuantitatif tersebut diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh harga terhadap niat berpindah; (2) terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap niat berpindah bank; (3) terdapat pengaruh biaya berpindah bank terhadap niat berpindah bank. Namun tidak ada pengaruh reputasi bank terhadap niat berpindah bank. Efektifitas iklan pesaing juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat berpindah bank. Implikasi penelitian pada manajemen perbankan, antara lain: (1) pentingnya menjaga kualitas layanan perbankan; (2) menawarkan harga kepada nasabah lebih rendah dan kompetitif; (3) meningkatkan kualitas staff bank pada level kecepatan respon dan level empati untuk mengurangi niat berpindah bank sehingga dapat menjaga sustainibility perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.30/17 Roh n
Uncontrolled Keywords: Harga, reputasi bank, kualitas layanan, efektifitas iklan pesaing, biaya berpindah, niat berpindah.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
VILLA ROHMAWATI, 040912287UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Lilik Rudianto, Drs., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 12 Jul 2017 23:43
Last Modified: 12 Jul 2017 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item