HANIF ABIDA, 041311233210 (2016) PENGARUH SELF CONSTRUAL, STATUS CONSUMPTION, NEED FOR UNIQUENESS, DAN SUSCEPTIBILITY TO NORMATIVE INFLUENCE TERHADAP PERILAKU BANDWAGON PADA PRODUK BUSANA MUSLIM WANITA DENGAN MODERASI RELIGIUSITAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK B 32-17 Abi p.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT B 32-17 Abi p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Busana muslimah yang pada zaman dulu dipandang kampungan kini sudah sangat jauh berbeda. Di Indonesia, produk busana muslim saat ini sedang berkembang pesat apalagi didukung dengan penduduk Indonesia yang memang mayoritas beragama Islam. Muslimah baik tua maupun muda berbondongbondong mengikuti tren terbaru busana muslim, terlebih ketika produk tersebut banyak dikenakan oleh anggota kelompoknya. Perilaku ini dalam dunia pemasaran dapat disebut dengan bandwagon effect atau bandwagon consumption behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh independent self, interdependent self, consumer need for uniqueness, consumer susceptibility to normative influence, status consumption, dan religiosity terhadap bandwagon consumption behavior, serta hubungan moderasi religiosity antara masing-masing consumer need for uniqueness, consumer susceptibility to normative influence, status consumption dan bandwagon consumption behavior dalam konteks perilaku konsumsi busana muslimah oleh masyarakat Indonesia, khususnya Surabaya. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada wanita di Surabaya yang memakai hijab (kerudung) pada saat peneliti membagikan kuesionernya. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 186 orang. Hasil jawaban responden dalam kuesioner tersebut selanjutnya akan direkap dan ditabulasi untuk kemudian diuji dengan model penelitian menggunakan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa independent self, interdependent self, consumer need for uniqueness, consumer susceptibility to normative influence, status consumption, dan religiosity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bandwagon consumption behavior. Namun, religiosity tidak mampu melemahkan hubungan antara consumer need for uniqueness, consumer susceptibility to normative influence, status consumption dan bandwagon consumption behavior. Temuan ini memberikan beberapa implikasi praktis dan teoritis yang penting dalam hal perilaku konsumsi busana muslimah di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.32/17 Abi p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Busana Muslimah, Independent Self, Interdependent Self, Consumer Need for Uniqueness, Consumer Susceptibility to Normative Influence, Status Consumption, Religiosity, Bandwagon Consumption Behavior | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2017 23:58 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2017 23:58 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58762 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |