PENINGKATAN JUMLAH NEOVASKULARISASI DAN MAKROFAG PADA PENYEMBUHAN LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS DENGAN PEMBERIAN GEL GETAH BATANG PISANG AMBON (Musa paradisiacal var. sapientum)

ZHAFIRAH IMANINA, 021311133052 (2016) PENINGKATAN JUMLAH NEOVASKULARISASI DAN MAKROFAG PADA PENYEMBUHAN LUKA PASCA PENCABUTAN GIGI TIKUS DENGAN PEMBERIAN GEL GETAH BATANG PISANG AMBON (Musa paradisiacal var. sapientum). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 29-17 Ima p abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 29-17 Ima p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pencabutan gigi merupakan suatu proses pengeluaran gigi dari alveolus yang dapat menyebabkan suatu kavitas berupa soket gigi serta luka bekas pencabutan gigi pada jaringan di sekitar soket. Pada proses penyembuhan luka terdapat peran fase proliferasi dalam pembentukan jaringan granulasi yang terdiri dari pembuluh darah baru, fibroblas, dan makrofag. Getah batang pisang ambon mengandung tannin, flavonoid, saponin dan lektin yang berfungsi sebagai antiseptik, antibiotik, anti-oksidan, anti-inflamasi, dan perangsang pertumbuhan sel-sel baru pada luka. Tujuan: Membuktikan pemberian gel getah batang pisang ambon dapat meningkatkan jumlah neovaskularisasi dan makrofag pada penyembuhan luka setelah pencabutan gigi pada hari ke-3 dan 5. Metode: 36 tikus wistar dibagi menjadi 3 kelompok, yang terdiri dari 6 tikus pada masingmasing kelompok kontrol(-), kontrol(+), dan perlakuan pada hari ke-3 dan 5. Mandibula tikus pada masing-masing kelompok diambil untuk dibuat sediaan histologi menggunakan pengecatan HE. Pengamatan preparat menggunakan mikroskop dengan pembesaran 1000x. Hasil: Rata-rata jumlah neovaskularisasi dan makrofag pada hari ke-3 dan 5 lebih banyak pada kelompok perlakuan dengan pemberian gel getah batang pisang ambon dengan dosis 60 mg dalam 4% HPMC dibanding kelompok kontrol. Simpulan: Pemberian gel getah batang pisang ambon dapat meningkatkan jumlah neovaskularisasi dan makrofag pada luka pasca pencabutan gigi tikus wistar. Kata Kunci: makrofag, neovaskularisasi, penyembuhan luka, pisang ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 29-17 Ima p
Uncontrolled Keywords: makrofag, neovaskularisasi, penyembuhan luka, pisang ambon.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ZHAFIRAH IMANINA, 021311133052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendrik Setia Budi, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorPratiwi Soesilawati, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Jul 2017 18:12
Last Modified: 13 Jul 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item