DAMPAK INFAK PRODUKTIF DALAM PENGUATAN MODAL DAN KINERJA UMKM PADA KELOMPOK USAHA MANDIRI BINAAN YAYASAN DANA SOSIAL AL-FALAH SURABAYA

MUHAMMAD AKBAR RAFDISON, NIM : 041211433042 (2017) DAMPAK INFAK PRODUKTIF DALAM PENGUATAN MODAL DAN KINERJA UMKM PADA KELOMPOK USAHA MANDIRI BINAAN YAYASAN DANA SOSIAL AL-FALAH SURABAYA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 11_17 Raf d ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 11_17 Raf d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penyaluran infak secara produktif terhadap penguatan modal dan kinerja UMKM. Pelaku UMKM yang dimaksud dalam penelitian ini adalah anggota Kelompok Usaha Mandiri binaan Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara langsung kepada obyek yang bersangkutan (Interview). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis menggunakan naratif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran dana infak untuk kegiatan produktif yang diberikan oleh lembaga amil zakat YDSF dapat meningkatkan struktur modal UMKM sehingga berdampak pada penguatan modal, sedangkan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan yang diberikan juga berdampak pada meningkatnya kinerja dari usaha yang dikelola. Dampak akhir yang dirasakan adalah terjadi peningkatan pendapatan usaha, sehingga para pelaku UMKM bisa memenuhi kebutuhan pokok dan kesejahteraanya juga ikut meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 11/ 17 Raf d
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AKBAR RAFDISON, NIM : 041211433042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMUHAMMAD NAFIK H.R., Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jul 2017 19:10
Last Modified: 13 Jul 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58801
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item