PERBANDINGAN RETURN, RESIKO, DAN KOEFISIEN VARIASI PADA REKSADANA SYARIAH DAN REKSADANA NON-SYARIAH DI INDONESIA

SHAFIRA SA‟ADAH SYAUQIYAH, NIM : 041311433186 (2017) PERBANDINGAN RETURN, RESIKO, DAN KOEFISIEN VARIASI PADA REKSADANA SYARIAH DAN REKSADANA NON-SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 12_17 S ya p ABSTRAK.pdf

Download (969kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 12_17 S ya p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana non-syariah di Indonesia periode 2013-2015 dengan menggunakan variabel return, resiko, dan koefisien variasi pada tiga jenis reksadana, yaitu reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana pendapatan tetap. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis independent samples t-test atau mann whitney test dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji pada variabel return menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara return reksadana syariah dan reksadana non-syariah pada ketiga jenis reksadana tersebut. Hal ini disebabkan karena hampir samanya faktor-faktor yang mempengaruhi return dan investor belum memikirkan tentang sharia compliant dalam memilih reksadana. Hasil uji pada variabel resiko menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara resiko reksadana syariah dan reksadana non-syariah pada ketiga jenis reksadana tersebut. Hal ini disebabkan faktor-faktor makroekonomi yang mempengaruhi reksadana syariah dan reksadana non-syariah adalah sama. Hasil uji pada variabel koefisien variasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara koefisien variasi reksadana syariah dan reksadana nonsyariah pada ketiga jenis reksadana tersebut. Terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada koefisien reksadana syariah dan reksadana non-syariah di Indonesia tersebut mengindikasikan bahwa kinerja reksadana syariah mampu bersaing dengan kinerja reksadana non-syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 12/17 Sya p
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
SHAFIRA SA‟ADAH SYAUQIYAH, NIM : 041311433186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMuhammad Nafik H.R., Dr., S.E., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jul 2017 20:38
Last Modified: 13 Jul 2017 20:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58810
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item