ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KUSTA BERBASIS TEORI HEALTH BELIEF MODELS (HBM) DI PUSKESMAS SURABAYA UTARA PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIK

Nur Maziyya, 131411123050 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA KUSTA BERBASIS TEORI HEALTH BELIEF MODELS (HBM) DI PUSKESMAS SURABAYA UTARA PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 38-17 Maz a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kusta merupakan penyakit infeksi kronik yang berdampak pada kualitas hidup penderita. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup penderita kusta, namun belum ada penelitian spesifik yang menganalisis faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita kusta berbasis teori Health Belief Models (HBM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita kusta berbasis teori Health Belief Model (HBM) di Puskesmas wilayah Surabaya Utara. Metode: Pnelitin ini menggunakan desain deskriptif analitik korelaisonal dengan pendekatan cross-sectional. Sampel yang digunakan yakni 30 penderita kusta di Puskesmas wilayah Surabaya Utara. Variabel dependen adalah kualitas hidup penderita kusta dan variabel independen berupa persepsi individu berdasar teori HBM. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan pengisian kuesioner. Instrumen untuk pengumpulan data kualitas hidup menggunakan WHOQoL BREF dan instrumen untuk pengumpulan data persepsi individu menggunakan kuesioner yang dijabarkan dari teori HBM. Data dianalisis menggunakan Uji Regresi Logistik (p0,05). Hasil dan analisis: Penderita Kusta di Puskesmas wilayah Surabaya Utara 83,3 % memiliki kualitas hidup baik. Ada hubungan antara kualitas hidup dengan persepsi kerentanan (p = 0,013) dan persepsi keseriusan (p = 0,004). Tidak ditemukan hubungan antara kualitas hidup dengan persepsi manfaat (p = 0,638) dan persepsi hambatan (p = 0,334). Persepsi individu kerentanan dan keseriusan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas hidup penderita kusta. Diskusi: Perlu dilakukan penelitian terkait kualitas hidup penderita kusta berbasis teori HBM dengan kuesioner yang telah diuji validitas ulang guna mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup penderita kusta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 38-17 Maz a
Uncontrolled Keywords: Kusta, kualitas hidup, HBM, persepsi individu
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nur Maziyya, 131411123050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr. M.Nurs., (Hons)UNSPECIFIED
Thesis advisorHerdina Mariyanti, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Jul 2017 20:53
Last Modified: 13 Jul 2017 20:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58815
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item