EFEKTIVITAS LARUTAN EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DAN LARUTAN EKSTRAK KULIT JERUK PURUT (Citrus hystrix) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN KUMAN CAMPUR PADA ANAK EARLY CHILDHOOD CARIES

RIZKI AMELIA, 021311133180 (2016) EFEKTIVITAS LARUTAN EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DAN LARUTAN EKSTRAK KULIT JERUK PURUT (Citrus hystrix) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN KUMAN CAMPUR PADA ANAK EARLY CHILDHOOD CARIES. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 38-17 Ame e abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 38-17 Ame e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Early Childhood Caries merupakan istilah yang digunakan pada karies dini dan terjadi pada anak-anak. Early Childhood Caries disebabkan oleh berbagai macam bakteri. Ekstrak kulit jeruk nipis dan ekstrak kulit jeruk purut merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai kandungan pada bahan untuk mencegah terjadinya Early Childhood Caries karena pada ekstrak kulit jeruk nipis dan ekstrak kulit jeruk purut mengandung minyak atsiri dan fenol sebagai antibakteri. Tujuan:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas antara larutan ekstrak kulit jeruk nipis dan larutan ekstrak kulit jeruk purut terhadap bakteri kuman campur penyebab Early Childhood Caries. Metode Penelitian:Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratories dengan rancangan post test only design, menggunakan 3 perlakuan yaitu larutan ekstrak kulit jeruk nipis, larutan ekstrak kulit jeruk purut dan klorheksidin 0,2% sebagai kelompok kontrol. Setiap perlakuan direplikasi sebanyak 5 kali. Zona hambat bakteri dapat dilihat dari zona jernih yang dihasilkan pada media yang telah diberi perlakuan sebelumnya dengan menggunakan metode difusi. Hasil: Dapat dilihat dari hasil pada uji dengan menggunakan one way annova bahwa zona hambat yang dihasilkan memiliki perbedaan yang signifikan, larutan ekstrak kulit jeruk purut memiliki efek antibakteri yang lebih baik dalam menghambat bakteri campur penyebab Early Childhood Caries dengan rerata zona hambat 13,33 mm dibandingkan dengan larutan ekstrak jeruk nipis dengan rerata zona hambat 9,87 mm. Kesimpulan: Larutan ekstrak kulit jeruk purut lebih efektif dalam menghambat bakteri penyebab Early Childhood Caries dibandingkan dengan larutan ekstrak kulit jeruk nipis. Kata Kunci: Kulit jeruk nipis, Kulit jeruk purut, Early Childhood Caries, Kuman campur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 38-17 Ame e
Uncontrolled Keywords: Kulit jeruk nipis, Kulit jeruk purut, Early Childhood Caries, Kuman campur.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI AMELIA, 021311133180UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEls S. Budipramana, drg., MS., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorPrawati Nuraini, drg., M.Kes., Sp.KGA (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Jul 2017 22:36
Last Modified: 13 Jul 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item