KEMASLAHATAN PENDAYAGUNAAN WAKAF UANG BIDANG PENDIDIKAN PADA BAITUL MAAL HIDAYATULLAH PERWAKILAN JAWA TIMUR (SURABAYA)

ABDURROFIIL ALI, NIM : 041114141 (2017) KEMASLAHATAN PENDAYAGUNAAN WAKAF UANG BIDANG PENDIDIKAN PADA BAITUL MAAL HIDAYATULLAH PERWAKILAN JAWA TIMUR (SURABAYA). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 20_17 Ali k ABSTRAK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 20_17 Ali k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Negara dengan mayoritas penduduk menganut agama Islam, maka potensi dana dan penghimpunannya merupakan jalan yang dirasa dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam pendidikan. Baitul Maal Hidayatullah merupakan lembaga amil zakat yang mempunyai program dalam penyaluran dana wakaf uang untuk mendirikan Pondok Pesantren Muallaf Tengger, Pondok Pesantren Penghafal Qur’an Yatim & Dhuafa Darul Hijrah, dan Balai Latihan Kerja dan PPAS Center. Peneliti memilih membahas wakaf tunai karena masih sedikit yang meneliti tentang wakaf tunai dan pemilihan lembaga Baitul Maal Hidayatullah Surabaya dikarenakan masih jarang dilakukan penelitian di lembaga Baitul Maal Hidayatullah terutama Baitul Maal Hidayatullah Surabaya. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling meliputi nadzhir, wakif dan Mauquf ‘alaih dengan total informan enam orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif model Yin. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendayagunaan dana wakaf uang yang dilakukan BMH disalurkan untuk seluruh program-program BMH salah satunya untuk bidang pendidikan. Bidang pendidikan berupa pembangunan Pesantren Tahfidz Quran dan Yatim Dhuafa dan Darul Hijrah II dan pemberian beasiswa pada santri Pesantren Tahfidz Quran Yatim dan Dhuafa Darul Hijrah I dan II. Program wakaf tunai di BMH dapat tercapai dengan terwujudnya kemaslahatan pendayagunaan wakaf tunai di bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 20/ 17 Ali k
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ABDURROFIIL ALI, NIM : 041114141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantIrham Zaki, S.Ag.MEI.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jul 2017 17:06
Last Modified: 16 Jul 2017 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58875
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item