PENGARUH KADAR HEMOGLOBIN, PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU HAMIL DAN BERAT PLASENTA TERHADAP BERAT BADAN BAYI LAHIR

ANNISA KURNIASARI, 101411123035 (2017) PENGARUH KADAR HEMOGLOBIN, PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU HAMIL DAN BERAT PLASENTA TERHADAP BERAT BADAN BAYI LAHIR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 06-17 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berat badan lahir merupakan indikator pertumbuhan bayi dan kelangsungan hidup pada tahap selanjutnya. Berat lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu faktor risiko kematian bayi pada masa perinatal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kadar hemoglobin, pertambahan berat badan ibu hamil dan berat plasenta terhadap berat bayi lahir. Penelitian observasional dengan rancangan cross sectional . Sampel penelitian sebanyak 33 ibu bersalin yang melahirkan di wilayah kerja Puskesmas Sooko Kabupaten Mojokerto pada bulan Oktober sampai November 2016. Pengukuran kadar hemoglobin dilakukan sebelum persalinan. Pertambahan berat badan ibu hamil diukur dari pengurangan kunjungan terakhir dengan kunjungan pertama pemeriksaan. Pengukuran berat plasenta dan berat badan bayi lahir dilakukan maksimal 24 jam setelah dilahirkan. Kadar hemoglobin dan berat plasenta berpengaruh terhadap berat badan bayi lahir secara signifikan dengan nilai p = 0,006 dan 0,001, sedangkan pertambahan berat badan ibu selama hamil tidak berpengaruh terhadap berat badan bayi lahir dengan nilai p = 0,999. Kesimpulan adalah terdapat pengaruh antara kadar hemoglobin dan berat plasenta terhadap berat badan bayi lahir , sedangkan pertambahan berat badan ibu hamil tidak ada pengaruhnya terhadap berat badan bayi lahir. Sehingga perlu adanya penyuluhan dan koseling gizi prakonsepsi dan gizi ibu hamil kepada wanita usia subur untuk meningkatkan status gizi dalam perencanaan kehamilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 06-17 Kur p
Uncontrolled Keywords: kadar hemoglobin, pertambahan berat badan ibu hamil, berat plasenta, berat badan bayi lahir
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA KURNIASARI, 101411123035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Sumarmi, Dr. , S.KM., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 17:42
Last Modified: 16 Jul 2017 17:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item