ANALISIS HIGIENE SANITASI SEGAR TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH Escherichia coli PADA SUSU SEGAR HASIL PETERNAKAN SAPI X DI SURABAYA TIMUR

NINA EMSI PRAMESTI, 101411123107 (2017) ANALISIS HIGIENE SANITASI SEGAR TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH Escherichia coli PADA SUSU SEGAR HASIL PETERNAKAN SAPI X DI SURABAYA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 20-17 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Susu segar merupakan salah satu bahan makanan yang bergizi tinggi dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat tanpa dilakukan pengolahan sebelum dikonsumsi sehingga mudah mengalami kerusakan. Kontaminasi bakteri Escherichia coli pada susu berasal dari proses pemerahan hingga pendistribusian kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bakteriologi susu setelah pemerahan (sebelum distribusi) dan sesudah distribusi susu serta menganalisis peningkatan bakteri Escherichia coli selama distribusi. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan acak lengkap. Subjek ditarik dari populasi dengan cara random sampling dengan jumlah sampel yang diteliti yaitu 5 sampel susu sebelum distribusi dan 25 sampel sampel susu setelah distribusi untuk uji Escherichia coli. Sampel susu diuji sebelum distribusi dan setelah distribusi. Setelah distribusi selama 2 jam, 1 sampel diambil setiap 20 menit dengan 5 kali pengulangan. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi dan pengujian sampel susu ke laboratorium. Data observasi meliputi sanitasi kandang, sanitasi peralatan, sanitasi pemerah, kebersihan sapi, dan higiene sanitasi distribusi pada saat pengepakan, pemindahan, pengangkutan susu sementara untuk data uji laboratorium meliputi jumlah bakteri Escherichia coli sebelum dan selama distribusi. Data dianalisis menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa higiene sanitasi pada proses pemerahan dan proses distribusi yang dilakukan kurang baik. Dari hasil uji laboratorium didapatkan bahwa susu segar positif terkontaminasi Escherichia coli dengan jumlah lebih dari SNI 7389: 2009 cemaran mikroba pada pangan > 3/ml dan jumlah bakteri Escherichia coli meningkat dengan signifikan (P<0.005) selama distribusi berdasarkan uji statistik regresi linier sederhana. Kontaminasi bakteri Escherichia coli pada susu dapat disebabkan dari kurang diperhatikannya higiene sanitasi proses pemerahan, dan adanya peningkatan bakteri selama distribusi dapat dikarenakan kurang baiknya higiene sanitasi selama proses distribusi oleh karena itu perlu melakukan pengolahan susu sebelum dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 20-17 Pra a
Uncontrolled Keywords: Higiene Sanitasi Distribusi, Peningkatan Eshechia coli, Susu Segar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NINA EMSI PRAMESTI, 101411123107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti, Dr. , drh., MscUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 21:14
Last Modified: 16 Jul 2017 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item