STUDI PERBANDINGAN DAYA ANTIBAKTERIAL ANTARA JUS SEGAR DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera. (linn.) DENGAN OXYTETRACYCLINE HYDROCElLORIDE 5% TERHADAP KUMAN PSEUDOMONAS aeruginosa SECARA IN VITRO

TRESNA SETIABUDI, 069211870 (1998) STUDI PERBANDINGAN DAYA ANTIBAKTERIAL ANTARA JUS SEGAR DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera. (linn.) DENGAN OXYTETRACYCLINE HYDROCElLORIDE 5% TERHADAP KUMAN PSEUDOMONAS aeruginosa SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk kh 1162.98 set s.pdf

Download (604kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan membandingkan daya antibakterial jus segar daun Iidab buaya (Aloe vera, Linn,) dan oxytetracycline hydrochloride 5 % dalam mempengaruhi pertumbuhan kuman Pseudomonas aeruginosa secara in vitro. Penelitian ini menggunakan uji kepekaan metode dilusi yang dimodifikasi dengan dua perlakuan, dan masing-masing pedakuan diulang sebanyak 1 5 kali, Dua perlakuan tersebut yaitu pemberian jus segar daun lidah buaya dan 1arutan oxytetracycline hydrochloride 5 % yang masing-masing dibagi menjadi sepuluh konsentrasi berbeda yaitu konsentrasi 10 % sampai 100 %. Kuman yang dipakai adalah PseudomOnas aeruginosa yang diisolasi dari luka ambing sapi penderita mastitis dan disesuaikan dengan standar Mc Farland I. Media untuk uji kepekaan yang digunakan adalah Mueller Hinton Agar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 1162 Set s File fuklltext Tidak ada
Uncontrolled Keywords: lidah buaya ; antibacterial
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
TRESNA SETIABUDI, 069211870UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHandajani Tjitro, M.S.DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 16 Jul 2017 21:26
Last Modified: 16 Jul 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item