Siti Dwijati, Rr., S.Sos., M.Si
(2006)
Upaya Meningkatkan Kualitas Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan.
Buletin Perpustakaan Universitas Airlangga, 1 (2).
pp. 16-20.
ISSN 977 2356 140594
Preview |
|
Text (ARTIKEL)
UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS JASALAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN.pdf
Download (199kB)
| Preview
|
Abstract
Perpustakaan sebagai sumber informasi pada era global mempunyai peranan strategis serta memiliki peluang
yang cukup besar dalam bidang pengelolaan dan penyebaran informasi. Seiring dengan kehidupan masyarakat
yang berlangsung sangat cepat dan sulit diduga. Perpustakaan harus cepat tanggap terhadap kebutuhan pengguna
akan informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Untuk mencermati hal tersebut tentu saja diperlukan adanya
upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan layanan yang ada, baik ditinjau dari kualitas maupun kuantitasnya.
Selain itu kualitas pelayanan berhubungan dengan sikap pustakawan yang profesional, prosedur yang mudah dan
suasana yang menyenangkan. Sedangkan kuantitas pelayanan menyangkut jenis dan banyaknya pelayanan yang
dapat diberikan kepada penggunanya. Untuk menunjang hal tersebut perpustakaan berupaya meningkatkan layanan
apabila didukung oleh tiga faktor utama yaitu pustakawan, fasilitas dan layanan yang optimal. Pengelola berusaha
meningkatkan kualitas dengan meningkatkan SDM dengan penambahan pendidikan, pelatihan serta menambah
fasilitas untuk menunjang layanan yang lebih baik. Itu semua akan menentukan eksistensi perpustakaan itu sendiri.
Hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan adalah kepuasan pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi.
Actions (login required)
|
View Item |