ANALISIS KONDISI FISIK RUMAH, PERILAKU, KEBERADAAN MYCOBACTERIUM TUBERCULOSIS DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS (TB) PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MULYOREJO, KECAMATAN MULYOREJO, KOTA SURABAYA

EVIN KENEDYANTI, 101411123081 (2017) ANALISIS KONDISI FISIK RUMAH, PERILAKU, KEBERADAAN MYCOBACTERIUM TUBERCULOSIS DENGAN KEJADIAN TUBERKULOSIS (TB) PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MULYOREJO, KECAMATAN MULYOREJO, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 36-17 Ken a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit yang dapat disebabkan karena faktor perilaku dan lingkungan adalah penyakit tuberkulosis (TB). Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi yang pada umumnya menyerang jaringan paru oleh Mycobacterium tuberkulosis. Berdasarkan observasi kondisi pemukiman di Kecamatan Mulyorejo sangat padat dan sanitasinya kurang baik, hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya penyakit berbasis lingkungan salah satunya adalah penyakit tuberkulosis (TB) paru. Penelitian ini termasuk penelitian observasional, desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 5 orang penderita TB paru dan 10 orang bukan penderita TB paru. Pengumpulan data dengan wawancara, untuk sampel lingkungan dengan lembar observasi, dan pengambilan sampel udara menggunakan Haz-Dust model EPAM-5000 untuk diperiksa bakteri Mycobakterium tuberculosis di Laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 responden penderita TB paru sebanyak 4 (80%) rumah tidak memenuhi syarat, dari 10 responden bukan penderita TB paru sebanyak 6 (60%) rumah tidak memenuhi syarat. Hasil penilaian perilaku dari 5 responden penderita TB paru sebanyak 5 (100%) orang memiliki perilaku yang buruk, dari 10 responden bukan penderita TB paru sebanyak 5 (50%) orang memiliki perilaku yang buruk. Hasil pemeriksaan bakteri Mycobacterium tuberculosiss pada 5 rumah penderita TB paru yang positif sebanyak 2 (40%) rumah, dan pemeriksaan bakteri Mycobacterium tuberculosiss pada 10 rumah bukan penderita TB paru yang positif sebanyak 2 (20%) rumah. Kondisi fisik rumah merupakan faktor risiko terjadinya TB paru (OR=2,667), sikap responden merupakan faktor risiko terjadinya TB paru (OR=36,000), dan keberadaan Mycobacterium tuberkulosis merupakan faktor risiko terjadinya TB paru (OR=2,667) Kondisi fisik rumah, sikap, dan keberadaan Mycobacterium tuberkulosis merupakan faktor risiko terhadap terjadinya TB paru. Disarankan perlu adanya penelitian lanjutan dengan menggunakan sampel yang lebih banyak dan perlu penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis ada di dalam rumah responden baik penderita maupun bukan penderita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 36-17 Ken a
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis paru, Kondisi fisik rumah, Perilaku, Mycobacterium tuberculosis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
EVIN KENEDYANTI, 101411123081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Dr. , Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Jul 2017 20:41
Last Modified: 17 Jul 2017 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item