UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK N-HEKSANA, METANOL DAN AIR DARI BUAH CAPSICUM FRUTESCENS L.' TERHADAP STAPHYLOCOCCUS AUREUS, ESCHERICHIA COLI DAN CANDIDA ALBICANS

NOVlYANTI, 059411591 (1999) UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK N-HEKSANA, METANOL DAN AIR DARI BUAH CAPSICUM FRUTESCENS L.' TERHADAP STAPHYLOCOCCUS AUREUS, ESCHERICHIA COLI DAN CANDIDA ALBICANS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 32.99 Nov u.pdf

Download (131kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk mengetahui aldivitas antimikroba ekstrak n-heksana , metanol dan air c:iari buah Capsicum frutescens L. dilaku.kan suatu penelitian tentang aldivitas antimikroba terhadap Staphylococcus aureus, £9ahericma coli dan Candida albicans denganmenggunak.an metode cakramkertas. Serbuk kering dari buah Capsicum butescens L. diekstraksi dengan cara maserasi dengan tiga macam pelarut yang berbeda, yaitu: n-heksana, metanol dan air, selama 3 x 24 jam. Fase n-heksana dan fase metanol dipekatkan dengan alat rotatory vacuum evaporator sehlngga diperoleh ekstrak n-heksana. dan ekstrak metanol, sedangkan fase air dipekatkan dengarJ. alat freeze diy.ir1gsehingga diperoleh ekstrak air. Ekstrak yang diperoleh kemudian diuji aldivitas antimikrobanya dan dllakukan skrinnmg fitokimia untuk mengetahui kandungan zat yang terdapat dalam setiap ekstrak Uji aldivitas antimikroba dilakukan dengan. cara difllSi cakram kertas dan sebagai pembanding digunak.an ampisilirm (untuk Staphylococcus aurel.1E;. gentamisina (untuk £9aherichia coh) dan nistatin (un~Candida albicanS). Hasil m~nunjukkan ekstrak n-heksana dan metanol dari buah Capsicum frulescens L. tidak mempunyai aldivitas antimikroba terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Candida aibicans. Sedangkan eks1rak air dart buah Capsicum frutescens L. mempunyai aktivitas ekstrak air dari buah Capsicum frutescens L. .mempunyai aktivitas antimikroba terhadap Staphylococcus alffeus dan Candida aibicans dan tidak mempunyai aktivitas antimikroba terhadap ESchen'chia coli. Dati basil skrinning fitokimia dapat diketahui bahwa ekstrakn-heksana dari buah Capsicum frutescens L. mengandung terpenoid; ekstrak metanol mengandlmg glikosida saponin, polifenol dan flavonoid; dan ekst:rak air mengandung glikosidasaponin, flavonoid dan tanin. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
NOVlYANTI, 059411591UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOOR IFANSYAH, DR.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 Jul 2017 23:03
Last Modified: 17 Jul 2017 23:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59033
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item