BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN CAKUPAN PEMERIKSAAN IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) DAN KRIOTERAPI (Studi di Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo)

RIZA APRIYANTI, 101411123012 (2017) BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN CAKUPAN PEMERIKSAAN IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) DAN KRIOTERAPI (Studi di Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 49-17 Apr u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker leher rahim merupakan salah satu penyebab kematian wanita usia subur di seluruh dunia. Pada tahun 2015, angka kematian akibat kanker leher rahim di negara berkembang sebesar 230.200. Salah satu cara menurunkan angka kematian akibat kanker leher rahim adalah menyelenggarakan program pencegahan kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA dan pengobatan dini krioterapi. Oleh karena itu, penting dilakukan upaya pemasaran dengan tujuan dapat menawarkan dan meningkatkan daya tarik wanita usia subur untuk membeli produk pemeriksaan IVA dan krioterapi. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rancangan bauran pemasaran yang diukur berdasarkan nilai kesenjangan harapan dan penilaian wanita usia subur terhadap aspek 7P bauran pemasaran (product, place, promotion, price, people, physical evidence, process) pemeriksaan IVA dan krioterapi. Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Data diperoleh melalui wawancara pada 41 pasien aktual IVA, 57 wanita usia subur potensial IVA, 4 pasien aktual krioterapi, dan 8 wanita usia subur potensial krioterapi sebagai responden. Data dianalisis berdasarkan pengukuran nilai kesenjangan harapan dan penilaian responden terhadap aspek 7P bauran pemasaran pemeriksaan IVA dan krioterapi yang selanjutnya digunakan untuk merancang strategi bauran pemasaran baru dengan melihat posisi pada kuadran jendela pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki harapan besar terhadap seluruh aspek 7P bauran pemasaran pemeriksaan IVA dan krioterapi, memiliki penilaian baik terhadap aspek product, place, promotion, price (hanya bagi pasien aktual IVA), people, physical evidence, process (kecuali bagi wanita usia subur potensial krioterapi), dan memiliki penilaian cukup terhadap aspek price (kecuali bagi pasien aktual IVA), process (hanya bagi wanita usia subur potensial krioterapi). Hasil pengukuran nilai kesenjangan dari seluruh aspek 7P bauran pemasaran pemeriksaan IVA dan krioterapi menunjukkan pada posisi attention. Kesimpulannya adalah aspek 7P bauran pemasaran yang perlu segera dilakukan upaya intervensi adalah aspek price dan process. Sedangkan aspek 7P bauran pemasaran yang tidak perlu segera dilakukan upaya intervensi mencakup keseluruhan aspek 7P bauran pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 49-17 Apr b
Uncontrolled Keywords: krioterapi, bauran pemasaran, pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG211-483 Abnormalities and diseases of the female genital organs
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RIZA APRIYANTI, 101411123012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 00:37
Last Modified: 18 Jul 2017 00:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59049
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item