EVALUASI STRUKTUR SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN GUEST SUPPLIES PADA HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA

Bagus Alfian, 040113881 (2006) EVALUASI STRUKTUR SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN GUEST SUPPLIES PADA HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-alfianbagu-4345-kkbkk-2-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-alfianbagu-4345-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guest supplies adalah perlengkapan yang perlu disediakan di kamar terutama untuk kebutuhan tamu, sehingga menuntut perhatian seksama dari pihak manajemen suatu hotel. Tanpa adanya guest supplies manajemen akan dihadapkan pada resiko bahwa hotel pada suatu saat tidak dapat memenuhi permintaan tamu hotel atas guest supplies. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan adanya suatu struktur pengendalian internal atas guest supplies. Struktur pengendalian internal pembelian guest supplies tergantung pada bagian-bagian yang terkait. Adanya sistem informasi akuntansi yang memadai dapat membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan, pengelolaan dan pengendalian guest supplies. Sistem informasi akuntansi yang berada di Hotel Inna Simpang Surabaya telah menerapkan sistem teknologi informasi berbasis komputer untuk memudahkan pengambilan data dan informasi yang diperlukan termasuk dalam sistem pembelian guest supplies yang meliputi sistem pemesanan barang, penerimaan barang, penyimpanan barang dan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan struktur pengendalian internal pada sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pihak manajemen dalam mengendalikan guest supplies, sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat. Penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan metodologi studi kasus, dimana menggambarkan bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pihak manajemen dalam mengendalikan dan mengelola guest supplies. Dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa struktur pengendalian internal terhadap sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies pada Hotel Inna Simpang belum seluruhnya dijalankan berdasarkan pedoman sistem dan prosedur yang berlaku, pedoman sistem dan prosedur masih menggunakan pedoman yang lama serta masih mengacu pada sistem dan prosedur PT. HII sebagai kantor pusat. Penerapan sistem komputerisasi pada Hotel Inna Simpang belum diterapkan secara keseluruhan dan kurangnya pemantauan - pemantauan terhadap aktivitas - aktivitas yang sedang berjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 39/07 Alf e
Uncontrolled Keywords: AUDITING INTERNAL; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Bagus Alfian, 040113881UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WIdodo MardijuwonoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Apr 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item