UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK METANOL HERDA KI TOLOD (Isotoma longffloru.Presi) TERHADAP SEL MIELOMA MENCIT DENGAN METODE VIABILITAS SEL

CEDE AGUS BENI WIDANA, 059812079 (2002) UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK METANOL HERDA KI TOLOD (Isotoma longffloru.Presi) TERHADAP SEL MIELOMA MENCIT DENGAN METODE VIABILITAS SEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 55.02 wid u.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kunker merupakan masalah pentlOg bagi hampir semua »egara tlidunia karcna rnemilikl angka kematian yang cukup tinggi. Di Indonesia, 1ehlh dari 50% pcnderita kankcr bcrakhir dengan kematian. Usaha pengobatan penyakit kanker lelah banyak dilakukan, antara lain dengan pcm~dahan, kemolerapl, imunoterapi dan pengobatan dengan pemberian hormoR Akan tetapi, sckarang ini pendenta kanb:r cendcrung bt!ralih ke pengobalan altemal11: tcrutama ramuan tradlslOnaJ dengan menggunakan tanaman obat Salah salU tanaman oba! yang digunakan masyarakat sebaglll obat kanker ada!ah tanarnan Kl To\od (/soffJInQ fong~flora, Presl) Yang dlguna\.;an sebaga! obat adalah sdumh hagian lanaman tersebuL I'ada pc:nditian jnJ lllgio diketahU! aktivitas :.itotoksik dari tanarnan Ki Tolod \!vJ{omu lungl/fortI Pres!) pada kultUf s.:;1 mic10ma me!Klt Pcngujian akt!vitas sit010ksik dilakukan dengan metode viabiJitas sd menggunakan pe\\arnaan tripan blru Ikrba H~naman Ki Tolod (iso/OnTO lonj~[flort1, Pre::.!) dickstraksi dengan cara ma}'cra::.! mcnggunakan pelurut melanol, kt'1l1udian dtJX!kutkan (dengan a1a1 rotavapnr) Ekslrak kenta! yang dipe:roieh kcmudian diujikan pada kultur sel mieio!TIa mcneit jeni::. cdl iine.'> P3Ul dcngan konsentrasi 1000 IlgimL, 100 fj~imL, 10 j.lg;mL dan 1 Jlg/mL Sehagai kontro! pOSilif dig.unakan JafUlan Siklufosfamld dengan konsentrasi 500 pgimL 100 pg:'mL dan ]0 Ilg/mL Has!l perscn viabllltas yang dlperokh, dianahsa dengan uJi One Way AKOVA pada prognun SPSS Windows. 10.0, dan untuk mengetahui pcr!akuan mana yang bcrheda bermakna dllatljutkan dengall anallsa HSD Hipotesis yang diaJukan sehelumnya yaitu : JIo ' lidak ada perbcdaan vlabiJitas seJ mielmna mcneit antar perlakuan. Ha ada perhedaan viabilltas. scI mieloma meneil alltar perlakuall_ liasil anahsa Si.-~iaan uji rnenut~ukkaTl harga F hitung 139,585 pada tingkat keperca;'aan 95% dengan probabihtas i!':!j!.J1I/!c,ml) = 0,000 Sedangkan barga F tabel ,-3,480. Olch karc.na probabilitas < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha dil~rima yang bcrarti ada perhedaan nya18 (bcnnakna) viabililas seJ midoma menelt aolar pcrlakuan Se!anjutnya d:1akukan analisa Probit unluk mcngctahui harga I.e'),.1-Harga LC:"JL dan larulan u.ll pada konsenlrasi 433,853 t-tgimL, sedangkan harga 1.(,." dan larutan kontrol positi!' pada konsentra51 428.922 fjglmL McllUfut NO .suaiu ekstrak tanaman mempunyal aktivltas amikallker ,;ika harga LCSfl s: 20 t-tg/ml.. Dcngan dcmiktan ckstrak metano! herba Ki Tolod (Isoloma /ongi/lom Pres!) tidak potensial rligunakan sebagai obat antikankcr Dari nasil analisa yang dlpcroleh dapat disimpull...an bahwa ckstrak melanol herba Ki Tolod {!~'f}lomu /ongJ/luru.Prc'::;l) tidak mempunyai aktiviias sirotoksik pada kultur sci mieloma meneil jeni' cell iines P3Ul dengan LC5(l 433,853 j.lglmL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
CEDE AGUS BENI WIDANA, 059812079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUKARDIMAN, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jul 2017 21:32
Last Modified: 18 Jul 2017 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59096
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item