PENGARUH PEMBERIAN SULFAMEZATHINE YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METHIOSON TERHADAP KADAR BILIRUBIN TOTAL DARAH KELINCI YANG DIINOKULASI Eimeria stiedae

TONY HARTONO, NIM.: 068911557 (1996) PENGARUH PEMBERIAN SULFAMEZATHINE YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METHIOSON TERHADAP KADAR BILIRUBIN TOTAL DARAH KELINCI YANG DIINOKULASI Eimeria stiedae. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 1099_97 Har p.pdf

Download (597kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pengobatan dengan sulfamezathine dan pengobatan kombinasi sulfamezathine dengan methioson pada kasus koksidiosis kelinci akibat infeksi Eimeria stiedae berdasarkun qambaran bilirubin total darah. Penelitian ini menggunakan 30 ekor kelinci jantan yang berumur dua bulan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan tiga perJakuan dan 10 ulangan. Perlakuan tersebut berdasarkan pengobatan yang diberikan : Po = tidak diberi pengobatan, P1 = diberi Sulfamezathine, pz = diberi Sulfamezathine dan Methioson. Pemberian infeksi dilakukan satu kali peroral, pemberian sulfamezathine denqan metode 3-2-3. Pemeriksaan kadar total bilirubin darah dilakukan pada hari ke-23 setelah selesai pengobatan. Hasil penelitian menunjukaan perbedaan yang sangat nyata antara kontrol Po (tidak diberi penqobatan) dengan P1 (diberi sulfamezathine) dan pz (kombinasi sulfamezathine dengan methioson) sedangkan antara Pi (diberi sulfamezathine) dan pz (kombinasi sulfamezathine dengan methioson) tidak menunjukan perbedaan yang nyata. Hal ini menunjukan pemberian sulfamezathine dan kombinasi sulf~mesathine dengan methioson dapat menurunkan kadar bilirllbin total darah kelinci yang menderita koksidiosis hati tetapi diantara kedua perlakuan tersebut tidak menunjukan perbedaan yang nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1099/97 Har p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
TONY HARTONO, NIM.: 068911557UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEndang Suprihati, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Jul 2017 21:27
Last Modified: 18 Jul 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item