DAYA JERAP ZEOLIT ALAM MALANG 1 DAN MALANG 2 YANG DIAKTIVASI DENGAN CARA PEMANASAN DAN CARA BASA TERHADAP KUININ HCl, BIRU METILENA DAN TIMBAL (Ph)

DYAN WAHYU SUKMO WIYONO, 0511811001 (2002) DAYA JERAP ZEOLIT ALAM MALANG 1 DAN MALANG 2 YANG DIAKTIVASI DENGAN CARA PEMANASAN DAN CARA BASA TERHADAP KUININ HCl, BIRU METILENA DAN TIMBAL (Ph). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk FF 57.02 Wiy d.pdf

Download (66kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Zeolit alam adalah mineral senyawa alumil10silikat tcrhicirasi dengan kluion-kation alkali dan alkali fallah yang memll;ki strukwr tiga dimensi, dan mikroporous, yang dapat diisl olel; kation-kation dan molekul air. Berdasar sitat ini maka zeolit alam n:emplalyai pote:lsi unto].;: dikembangkan sebagai obat barn yaitu adsorbeo. T clah dilakukan pcnclitia:'. tentang daya jerap zeoli! alam Malang J dan Maiar.g 2 tcrilacap kuinin Hel (z.ikaluid), biru metilena (zat warna) dan logam berat tin~bal (Pb), dibandingkan dengan attap!..llgil. Pcngamatan kualitatif zeolit alam mcnggunakan alat X-Ray Di±fractomt~er Phdip" X/?A -165, Pengukuran Kadar yang tak icradsorbsj untl:;';' kuinin Hel menggur.akan alat spektrofolometer tluoroscnc:i Huadll F-",OOO, urauk bim mctiien3 rnenggunakan alat spektrofotometer UV~Vi$ 160 A Shilll:1d::u, "edang!-,:a:1 LlOWk Pu l~)enggunakan spektrofotOtndCI' absorhsi atom S!/imad::u AA-6·./O-j2, Ha"il d&i pene;;:ian in: menunjukkan bahwa kandungan zeoHt ahlnl \1alang ! dan Malallg :2 adajah morde:-lk Daya jerap zeolit alam Malang I ada!ah 99.15 %. zeoli! "lain f\ialang :2 adalah 96.49 % "edangkan daya Jerap attapulgit adalah 9"),2S%, Daya jerap zeoti-: a;am Malang ! terhadap kuinin Hel dan biru T:)etilena tidak berbeda Dcrmakn3. diJar.dingkan dengan aHapulgit, :etapi daya jerap zeolit alam Mabng 2 oerbeda bellnakna, Proses aktivasi secara staristik dengan (t = 0,01 rnclr.berikan peugarul:. yang :1yat3 t~fhadap perbedaan daya jerap zeolit a!am. dimana rata~ra::a daya jcrap zeolit ahul1 sec.ara pemanasan 97.30 % dan secura basa adalor: scbe~ar <;6,13 %; Akan tetapi jika rncngingat daya jerapnya yang sangut besar mab zeo!it alam u:i tctap potensi31 uotuk dikc:llOangkan mcnjadi obat baru. fierdasarkan hasi! penehtian inl, maka dapat disarankan perlu dilakukannya modlfik3s1 aktivasi secara j.;:lmia yaitu setelah diaktivasi seeara a5am kemudian diaktivasi secara Jusa Unl"LK mendapatkan acisorben yang lebih murni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
DYAN WAHYU SUKMO WIYONO, 0511811001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOEGIHARDJO, Drs., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jul 2017 22:14
Last Modified: 18 Jul 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59104
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item