UJI TOKSISTAS AKUT DAN PEMERIKSAAN AKTIVITAS ENZIM SGOT DAN SGPT SEDIAAN HASIL DISPERSI SOLIDA DARI EKSTRAK RIMPANG CURCUMA DOMESTICANAL PADA RATTUS NORVEGICUS DAN MUS MUSCULUS

PRACOYO WIDIARKO, 059711879 (2002) UJI TOKSISTAS AKUT DAN PEMERIKSAAN AKTIVITAS ENZIM SGOT DAN SGPT SEDIAAN HASIL DISPERSI SOLIDA DARI EKSTRAK RIMPANG CURCUMA DOMESTICANAL PADA RATTUS NORVEGICUS DAN MUS MUSCULUS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk ff 63.02 wid u.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini, telah dilakukan l\ji toksislt3S akut dan pemcriksaan aktivitas e-nzim SGOT dan SGPT 5.ediaan hastl dispersi solida dan ekstrak rimpang (·urcuma dOtnc)'lica VaL dengan penambahan PEG 6000 dan tanpa penambahan PEG 6000. Uji toksisitas akut dilakukan dengan memakai hcwao coba tikus putih (RuIIN,'; nnrveg/cus} galur \\>lstar dan mendt (A4u\ musL'ulus) g'dlUf Ba.lb C, sedangkan pemcriksaan aktivitas cnzim SGOT dan SOPT dilakukan de-ngan memakal hewan coba ttkus putih (i<allus nvrvegicus) galur wistar Uji toksisitas akut dilakukan dengan pemberian sediaan sekall dengan dosis teninggi ynitu LD50 yang relatif tidak bcrbahaya sebesar 15 g simpllsia/kg. BB tlkus puuh dan 2\ g simplisia/kg BB mcneiL Kemudlan diamati jum)ah meneit dan tikus putlh yang matI selama 4 jam dan 24 Jam, hila tidak 1erjadi kemalian maka pengamatan diJanjutkan sampat satu minggu, Pada uji toksisitas akut yang {elan dilakukan tidak tc~jadl kematla.n sampai dengan $3tu minggu pt;ngamatan. Dengan dcmlkian, semua 10ksisitas akut dapat dismgkirkan dan dosis LDSt' yang rclatlf 1ldak herbahaya diata~ yang merupakan dosis tcrtinggi dipakai sebagai LD5() untuk sediaan hasil dlspersl solida ekstrak nmpang kunyit dengan penambahan PEG dan lanpa penambahan PHi Pemeriks3,w aktivl1as cnzim SOOT dan SGPT dilakukan dcngan pemberian scdiaan sekali schari selama dua bulan dengan dosls tertinggi yaitu : 0,1 g simplisia perhan paJa tiktL<; putih. Setelah berjalan dua bulan kcmudian diamati aktlVitas enzim SGOT dan SGPT antara sediaan kunYl1 dengan PEG, sediaan kunyit lanpa PEG, dan kontroL Dari hasil analisis varians aktivitas enzim SGOT dan SGPT dapai: dltarik kesimpulan bahwa harga f hitung < Fl.!lbc! yang berml tidak ada perbedaan yang bermakna amar kelompok tersebut Deugan demikian dapat disimpulkan bahwa sediaan hasil dlspersi solida dan ekstrak rimpang kunYlt dengan penambahan PEG dan lanpa penambanan PEG tidak mempengaruhi aktivltas enzim SGOT dan SGPT dati tikus putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
PRACOYO WIDIARKO, 059711879UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHERRA STUDIAWAN, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Jul 2017 23:44
Last Modified: 18 Jul 2017 23:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item