PENGARUH FRAKSI N-BUTANOL Gendarussa vUlgaris Nees TERHADAP PENURUNAN FUNGSI PENETRASI SPERMATOZOA PADA MENCIT DENGAN METODE FERTLISASI IN VITRO (IVF)

I GUSTI AYU PADMAWATI, 059611836 (2000) PENGARUH FRAKSI N-BUTANOL Gendarussa vUlgaris Nees TERHADAP PENURUNAN FUNGSI PENETRASI SPERMATOZOA PADA MENCIT DENGAN METODE FERTLISASI IN VITRO (IVF). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gandarusa ( Gendarusse 1/u!gans Nees 1 adalah salah satu lanaman yang digunakan sebagai bahar kontrasepsi pria masya:-akat Sentani, lliar' Jaya. Penggunaannya sericin ranya oidasarkan pad a pengalaman ata~ pengelahJan yang diwar,skan socara turun temurun Uotuk dapal memparoleh informasi yang ielas mengena; efek konlrasepsi bagi pna mai(3 dilakul\an peneilban tentang pengarur: ekstrak r,. bu1anoi tertadap penurunan "cngsi peoei'asi sparmatozoa pada menell (Mus musculus) dongan metode fertiHsasi in vitro (IVF), Pene1itian ini diharapkan dap8t menarrbah data dmiah tenlang tanaman 10], sekaligus sebagar langKah aWol yang membuk8 kemcngkinan untuk pengembar.gar: !ebih lanjut. Oa!am penel:tran ir: digunaka;1 3 kelompok mencit jantan tertii sebagai !jewal1 ujl yang mas!ng~masing tertiir, dan 10 ekor mencit Keiompok 1(G:), yaitL. kelompok "ewan coDa yang diben ekstrak 15mgl20g bb KelompoK II (Gil), yanu kclampok hewan yang diben .k8lmk 30mg/20g bb Sedangkan kelompoi; kontrol hanya dloon air suling biasa, Peneiitian yang Qllakuxan ini rr.erupakar, rangkaian dan oone!itian seoe!umnya yang rnell€kankao pada elck hambalan enlim spermalozoa dalam mendispelSikan kumulus oophorus, Ekstrak diberikan secara per-oral seka\i sehari dan lama pemberiaDoya disesuaiKan dengan 1,5 kali 5iklus speomal<x,Jenesis -neocil yailu selama 55 han. Pada han yang telah dilentukan mencll jantan dtbeda~, spennanya diarr:oil dengan memotong bag!an cauda €pld'rdimis1ya. Se!an;utnya oilakukan proses fert;ilsas; in vffro Gan inkubasf selama 5 jam.PengalT,alan dllakJkan dergan p€ngrltungan terhadap jumlan 5el grarulosa, sera diamat, 0u1a 6-danya se' telur yaf\g terfen;lisasi dan kelompok kontroi dan kelomook pe:rlakU8i'L Date yang diperoleh ciu;i denga!', menggunakan anOV3. Dan nasi; penga'11atan teriinat bahwa dar ~.e~ompok periakClBn tidaK terjadi fer;i~;sas': setalah 5 jam i"kubas!. Hal ini dapa! dilihat dan se' granulosanya yang tetap intact (utuh), tldak terbentuo(nY3 pionukleus jantan dan Defina belum adaflya kepala serta eko: spermatozoa pada inti sel telur, seda be!um terbenluknya zigot Sadangkan dan ka1ompok kont'Ol ler,iha! adanya fertilisa5i dan hai ini dilanda! dangen set granulesanya yang sudah lidak intact lag!, adanya kepala serta ekar spermatozoa pada inti sel telur, sudah terbentuknya pronukieus jantan dan betina serta 1e!ah ierbentuKnya zigol. Dan can has'! anova temadap parameter yang d!ukur yaitu jumlah $0; granulosa, lanihal ada perbedaan yacg bermek,a antar kelompok pertakua" dengan dera]a! kepercayaan 95% (P<O,05),

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
I GUSTI AYU PADMAWATI, 059611836UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOOR CHOLIES ZEINI, DR.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:23
Last Modified: 19 Jul 2017 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item