PENENTUAN PARAMETER LIPOFILIK (LOG P) SENYAWA 3,4-DIKLOROBENZOILUREA DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI PENEKAN SISTEM SARAF PUSAT PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS)

Waginem, 059511756 (2000) PENENTUAN PARAMETER LIPOFILIK (LOG P) SENYAWA 3,4-DIKLOROBENZOILUREA DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI PENEKAN SISTEM SARAF PUSAT PADA MENCIT PUTIH (MUS MUSCULUS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk ff 109.00 war p.pdf

Download (110kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian penentuan nilai log P dan uji aktivitas pcnckan sistem saraf pusat senyawa 3,4-diklorobenzoilurea. Nilai log P senyawu 3,4diklorobenzoilurea dapat ditentukan seeara perhitungan teoritis dan seeara pereobaan. Nilai' log P senyawa 3,4-diklorobenzoilurca secara pcrhitungan tcoritis ditenlukan dengan menggunakan tetapan 1t Hanseh-Fujita dan tctcpan f Rekkcr-Mannhold dari gugus-gugus penyusunnya. Nilai log. P yang diperolch seeara pcnj umlahan tetapan 1t Hanseh-Fujita = 1,17 sedangkan seeara penjumlahan tetapan f Rekker-Mannhold = 2,414. Penentuan nilai log P seeara pereobaan dilakukan dengan metode penggojokan dalam pelarut l-oktanol-air selama 15 menit dan didiamkan selama 24 jam agar pemisahan antara fase air dengan fase oktanol sempuma. Pengukuran sera pan dalam fase air dilakukan dengan metode spektrofotometri UV-VIS pada panjang gelombang 248 nm. Nilai log P yang diperoleh adalah 1,92 ± 0,13. Dari perhitungan uji t satu sampel menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai log P hasil percobaan dalam sistem l-oktanol -air dengan nilai log P teoritis secara penjumlahan tetapan 1t Hanseh-Fujita dan secara pcnjumlahan tetapan fRekker-Mannhold. Uji aktivitas penekan sistem saraf pusat senyawa 3,4-diklorobenzoilurea ditentukan dengan metode rotarod dan sebagai senyawa pembanding adalah bcnzoilurea, sebagai hewan eoba digunakan mcneil putih (Mus museu/lis) galur Blab "C". Senyawa 3,4-diklorobenzoilurea dan benzoilurea Illclllpunyai akl.ivitas pcnckan sistcm sarar pusat berupa gangguan koordinasi gcrnk, mcneit tampak icmas dan kcmampuan gcraknya menurun. Scnyawa 3,4-diklorobenzoilurea mcmpunyai uktivitas pcnckun sistcm saraI' pusat yang 1ebih keei! daripada bcnzoilurea. EDso senyawa benzoi!urea 242,7 Illg/kg bb. Sedangkan EDso senyawa 3,4-diklorobenzoilurca 351,3 mg/kg bb.llal ini kClllungkinan discbabkun oleh karena pcnambahan gugus 3,4-dik!oro pada scnyawa induk benzoilurca memberikan efek halangan ruang schingga terjadi gangguan ikatan obat-reseptor sehingga aktivitas obat menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP501-801 Animal biochemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
Waginem, 059511756UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSISWANDONO, Dr., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:59
Last Modified: 19 Jul 2017 01:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item