GUGATAN LAIN-LAIN TERHADAP ASET PRIBADI DIREKSI PERSEROAN TERBATAS KE DALAM HARTA PAILIT

ADINDA REVINA PUTRI PRAYINDRA, 031311133019 (2016) GUGATAN LAIN-LAIN TERHADAP ASET PRIBADI DIREKSI PERSEROAN TERBATAS KE DALAM HARTA PAILIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH. 97-17 Pra g abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH. 97-17 Pra g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

debitor, kreditor, kurator, atau pengurus menjadi salah satu pihak dalam perkara yang berkaitan dengan harta pailit termasuk gugatan kurator terhadap direksi yang menyebabkan perseroan dinyatakan pailit karena kelalaiannya atau kesalahannya.” Adapun kewenangan direksi perseroan demi hukum akan berakhir setelah ada putusan pailit dari Pengadilan Niaga dan seluruh kewenangan direksi yang berkaitan dengan kepengurusan dan kepemilikan harta kekayaan Perseroan beralih kepada kurator. Dalam menjalankan tugas pemberesan, kurator hanya berwenang mengambil sebatas harta kekayaan perseroan saja untuk dimasukkan ke dalam boedel pailit tidak meliputi harta kekayaan atau aset pribadi milik direksi perseroan tersebut selama direksi perseroan tidak melakukan kesalahan ataupun kelalaian yang menyebabkan pailitnya perseroan tersebut. Adapun upaya hukum yang dapat dilakukan oleh direksi perseroan apabila akibat gugatan lainlain tersebut yaitu sesuai dengan hukum acara perdata menggunakan upaya hukum biasa dan upaya hukum luar biasa. Upaya hukum biasa yaitu dengan mengajukan perlawanan, banding maupun kasasi. Sedangkan upaya hukum luar biasa dengan mengajukan peninjauan kembali atau PK apabila ditemukan bukti baru (novum) dalam persidangan. Kata kunci : Gugatan Lain-Lain, Kurator, Kepailitan PT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 97-17 Pra g
Uncontrolled Keywords: Gugatan Lain-Lain, Kurator, Kepailitan PT.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1370-1395 Insolvency and bankruptcy. Creditors' rights
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ADINDA REVINA PUTRI PRAYINDRA, 031311133019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGhansam Anand, Dr., S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Jul 2017 22:34
Last Modified: 19 Jul 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59199
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item