STUDI HUBUNGAN ANTARA NILAI TETAPAN KROMATOGRAFI Rm DENGAN AKTIVITAS ANALGESIK DARI TURUNAN ASAM N-ARILANTRANILAT PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus)

SAHAT ULITUA TURNIP, 059311492 (1998) STUDI HUBUNGAN ANTARA NILAI TETAPAN KROMATOGRAFI Rm DENGAN AKTIVITAS ANALGESIK DARI TURUNAN ASAM N-ARILANTRANILAT PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk ff 964.98 Tur s.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas biologis senyawa obat merupakan fungsi dari struktur kimianya. Parameter lipofilik merupakan sifat fisika kimia yang dipengaruhi struktur kimia dan menentukan kemampuan obat dalam penembusan membran biologis sehingga mempengaruhi aktivitas biologis. Telah dilakukan penelitian parameter lipofilik yaitu nilai tetapan kromatografi Rm serta hubunganrrya dengan aktivitas analgesik dari turunan asam N-arilantranilat yaitu glafenin, asam mefenamat, dan asam meklofenamat. Nilai tetapan kromatografi Rm diperoleh dengan metode kromatografi lapis tipis fasa terbalik dengan fasa diam silika gel 60 GF 254 yang diimpregnasi dengan oktanol dan fasa gerak larutan Aseton . Dapar pH 1,0 dengan perbandingan 7 : 3 dan penampak noda dengan sinar Uv. Aktivitas analgesik diperoleh dengan menggunakan metode stimulasi kimiawi, dengan induksi nyeri larutan asam asetat 0,60 %. Respon berupa gerakan menggeliat yaitu sepasang kaki ke depan dan sepasang kaki ke belakang sehingga perut menekan lantai. Adanya aktivitas analgesik ditunjukkan dengan lebih sedikitnya jumlah geliatan pada kelompok uji dibandingkan kelompok kontrol. Data nilai tetapan kromatografi Rm dan data aktivitas analgesik dianalisis deilgan menggunakan Anova CRD pada a. == 0,05 serta uji HSD. Hasil penelitiarr menunjukkan adanya hubungan non linear berbentuk parabolik dengan puncak mmlmum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP501-801 Animal biochemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmasi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
SAHAT ULITUA TURNIP, 059311492UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPURWANTO, Dr., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jul 2017 18:06
Last Modified: 20 Jul 2017 18:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item