HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN EMOTIONAL FOCUSED COPING STRATEGY PADA SISWA SMA YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

ZARINA, 111211132082 (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN EMOTIONAL FOCUSED COPING STRATEGY PADA SISWA SMA YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-ZARINA-111211132082.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Emotion Focused Coping Strategy pada siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional 2017. Menurut Daniel Goleman, kecerdasan emosi merujuk kepada kemampuan mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dalam hubungan dengan orang lain (Habsari, 2005). Sedangkan Lazarus (2006) menyebutkan, dalam emotion focused coping tidak dibutuhkan usaha untuk mengubah situasi, karena individu tersebut tidak menginginkan suatu hal berhasil. Perubahan penekanan ini dilakukan terhadap stress, emosional, yang mana menimbulkan kemarahan ketika suatu hal tidak tercapai. Emotion-Focused coping berupaya dalam mengatur respon emosional terhadap suatu stresor, contohnya seperti berangan-angan, mencari dukungan emosional, dan juga perbandingan sosial (Snyder; Dinoff, 1999). Penelitian ini dilakukan kepada siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional, yang duduk dikelas XII SMA Negeri 21 Surabaya. Metode ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data survey. Survey dilakukan secara langsung dengan jumlah subyek sebanyak 178 siswa. Alat ukur penelitian ini menggunakan alat ukur yang telah dibuat oleh peneliti berdasarkan alat ukur ways of coping oleh Lazarus dan Folkman(1985) sejumlah 31 aitem, Pengukuran validitas menggunakan validitas isi dengan bantuan professional judges. Skor reliabilitas untuk skala emotion focused coping sebesar 0,989. Kecerdasan emosi diukur menggunakan alat ukur yang diadaptasi dari Pratiwi(2015) berdasarkan teori dari Daniel Goleman(1996) sejumlah 40 aitem, dengan reliabilitas sebesar 0,878. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program statistik SPSS 20.0 for windows. Hasil analisa menunjukkan signifikansi sebesar (r)=0,011. Berdasarkan hasil analisa tersebut diketahui bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan emotion focused coping strategy pada siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.13/17 Zar h
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, emotion focused coping strategy, siswa SMA yang akan mengikuti ujian nasional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ZARINA, 111211132082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Sanny Prakosa Wanlhana, S.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Jul 2017 23:00
Last Modified: 20 Jul 2017 23:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item