Arien Mukti Hardyani, 040123694E (2007) PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN UNTUK PENILAIAN PRODUKTIVITAS PEMASARAN PADA PT. ERJE LONDON CHEMICAL SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-hardyaniar-5397-kkbkk-2-k.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-hardyaniar-5397-a.1680-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam perusahaan, baik perusahaan jasa, dagang ataupun produksi. Aktivitas pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting. Ini dikarenakan pemasaran menyangkut segala aspek kehidupan termasuk bidang ekonomi dan sosial. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan produktivitas pemasaran PT. Erje London Chemical, Sidoarjo, perlu melakukan audit manajemen pada aktivitas pemasarannya. Hasil audit dan rekomendasinya dijadikan bahan pertimbangan dalam perbaikan kinerja dan peningkatan produktivitas pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber dan jenis data yang didapat adalah data primer yaitu data yang didapat dari pengamatan dan wawancara langsung dengan sumber yang berwenang. Sedang data sekunder adalah data yang sudah diolah oleh perusahaan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk penganalisaaan data dilakukan audit manajemen terhadap produktivitas pemasaran. Dimana telah ditetapkah progam audit yang berisikan kriteria-kriteria atau standar-standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu sebelumnya. Hasil audit atas produktivitas pemasaran PT. Erje London Chemicals, Sidoarjo, menyebutkan bahwa ada wilayah yang rasio penjualan dari labanya rendah, yaitu wilayah Lumajang. Share pasar PT. Erje London Chemicals adalah sebeSar 23,3%. Diantara para kompotitor sejenis lainnya. Profit margin, rendah, namun secara umum perusahaan dapat memperoleh laba dari aktivitas penjualannya. Perusahaan kurang memperhatikan wilayah penjualan yang berada di daerah pinggiran, antara lain Pacitan, Prigen, Purwoasri, dan Mojoagung. Pemakaian biaya pemasaran secara umum tidak efektif. Selain masih ada biaya¬-biaya yang pengeluarannya lebih besar dibanding dengan yang dianggarkan. Hampir semua salesman menyerap 50% laba kotornya untuk biaya pemasaran. Upaya perbaikan yang disarankan adalah melakukan pendekatan dan koordinasi baik kepada pelanggan ataupun salesman untuk meningkatkah volume penjualan dan kepercayaan pelanggan kepada perusahaan. Pengendalian biaya pemasaran di wilayah masing-masing, dan meningkatkan share pasar. Hal-hal tersebut dibutuhkan agar cat semprot merk RJ London dapat bersaing dengan produk-produk sejenis lainnya, dan PT. Erje London Chemicals, Sidoarjo, dapat tetap bertahan dalam persaingan yang ketat di industri cat, terutama cat semprot.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.168/07 Har p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MANAGEMENT AUDIT; PERSONNEL MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 03 Jul 2017 19:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5934 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |