One Yusril Fikar, 040217476 (2007) ANALISIS SEGMENTASI PSIKOGRAFIS DAN PROFIL PENDENGAR RADIO FM DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-fikaroneyu-5436-kkbkk-2-k.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-fikaroneyu-5436-b.1180-a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berkembangnya media komunikasi yang mempunyai peranan penting dalam dunia bisnis, salah satunya dalam bisnis radio di kota Denpasar yang mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis ini. Dalam menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat, diperlukan strategi pemasaran dan program siaran yang efektif dan tepat sasaran. Untuk itu perlu diketahui karakteristik pendengar radio yang digunakan dalam menyusun strategi pemasaran dan program siaran radio yang efektif dan tepat sasaran. Karakteristik pendengar radio tersebut tidak hanya berfokus kepada "siapa" (konsumen) dan "apa" (produk/program siaran), tetapi lebih jauh untuk mengetahui bagaimana dan apa yang menjadi dasar pemikiran pendengar radio dalam memilih stasiun radio yang didengarkan. Dan segmentasi psikografis digunakan dalam mengetahui karakteristik pendengar radio yang lebih mendalam tersebut. Sehingga sangat penting dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui segmentasi psikografis dan profil pendengar radio FM di kota Denpasar dan kabupaten Badung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan psikografis metode VALS2 yang mempunyai keunggulan dalam hal stabilitas dan derajat keumuman (generalisasi) dari hasil segmentasinya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor (factor analysis), analisis kelompok (cluster analysis) dan analisis tabulasi silang (cross tabs). Analisis faktor digunakan untuk menyederhanakan berbagai pertanyaan atau pernyataan psikografis menjadi dimensi psikografis yang lebih kecil, lebih berarti dan bisa lebih diinterpretasi. Dan dari dimensi psikografis yang terbentuk, digunakan sebagai inputan melakukan segmentasi dengan menggunakan analisis kelompok. Sedangkan analisis tabulasi silang digunakan untuk membentuk profil tiap segmen dengan mengkombinasikan hasil segmentasi dengan beberapa variabel karakteristik pendengar radio, seperti demografi, kebiasaan, sikap dan prilaku dalam mendengarkan radio, serta tingkat kepentingan atau preferensi dalam mendengarkan radio. Dan hasil analisis didapatkan bahwa pendengar radio FM di Denpasar dan kabupaten Badung terbagi dalam 6 segmen psikografis dengan karakteristik dan susunan yang berbeda¬-beda. Segmen tersebut adalah the thinkers yang beranggota 15% dari total responder dan mempunyai sifat memilih produk atau jasa berdasarkan kegunaan dan nilai (value) yang diperoleh. Segmen kedua adalah the innovators dengan anggota 19% responden, segmen ini memiliki kecenderungan memilih produk atau jasa yang bercitarasa tinggi. The makers merupakan segmen ketiga yang diwakili oleh 6% responder, anggota segmen ini lebih memilih produk atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar atau memenuhi nilai (value) yang dinginkan. Kelomok keempat adalah the achievers yang diwakili oleh 17,5% responden, kelompok ini mempunyai kecenderungan untuk memilih produk premium untuk memperlihatkan kesuksesannya kepada orang lain. Segmen kelima adalah the experiencers dengan anggota 25%, segmen ini mengambarkan kebanyakan pendengar radio di Denpasar yang mempunyai kecenderungan memilih produk atau jasa yang dapat mengekspresikan dirinya dalam gaya hidup aktif tnuda dan sesuai dengan mode terbaru. The striver merupakan segmen terakhir yang dibentuk oleh 17% responden, segmen ini memilih produk atau jasa yang stylish (mempunyai gaya) untuk menyamai status atau gaya hidup kelompok dengan tingkat kemakmuran dan status yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 118/07 Fik a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PSYCHOGRAPHICS; RADIO AUDIENCES | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 05 Jul 2017 20:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5938 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |