PENDAYAGUNAAN WAKAF PRODUKTIF DI PESANTREN YAYASAN ARWANIYYAH KUDUS

M BASTOMI FAHRI Z, NIM : 041311433116 (2017) PENDAYAGUNAAN WAKAF PRODUKTIF DI PESANTREN YAYASAN ARWANIYYAH KUDUS. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 28_17 Fah p ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 28_17 Fah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendayagunaan aset wakaf yang dilakukan oleh pesantren Yayasan Arwaniyyah Kudus yang dalam hal ini menjadi nadhir wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Teknik analisis dengan mendasarkan pada preposisi teoritis, yaitu mengikuti preposisi teoritis yang menuntun studi kasus. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik, yaitu menguji kredibilitas data yang telah diperoleh dengan mengeceknya melalui beberapa teknik, seperti wawancara dan observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren yayasan Arwaniyyah yang telah mendayagunakan tanah wakaf menjadi produktif guna mencapai kemandirian ekonomi pesantren. Pengelolaan wakaf yang dilakukan oleh yayasan Arwaniyyah terbagi ke dalam tiga bidang, agama, pendidikan, dan sosial dan ekonomi. dalam mendayagunakan wakaf produktif yayasan Arwaniyyah melakukan beberapa hal yaitu, melakukan fungsi manajemen dalam pelaksanaan wakaf produktif, menciptakan lapangan kerja dan kepedulian sosial, serta menciptakan kemandirian ekonomi pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 28/17 Fah p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
M BASTOMI FAHRI Z, NIM : 041311433116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantIrham Zaki, S.Ag., MEI.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 24 Jul 2017 19:45
Last Modified: 24 Jul 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59432
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item