Pengaruh Pemberian Dekoktum Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis) 20 Persen Dan 40 Persen Terhadap Diuresis Tikus Putih (Rattus Norvegicus)

Yusak Sanjoyo, - (1998) Pengaruh Pemberian Dekoktum Daun Tempuyung (Sonchus Arvensis) 20 Persen Dan 40 Persen Terhadap Diuresis Tikus Putih (Rattus Norvegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK KH 1183.98 San p.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT - YUSAK SANJOYO.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat diuretik dekoktum daun tempuyung (Sonchus arvensis) dengan konsentrasi 20 persen dan konsentrasi 40 persen pada tikus putih (Rattus norvegicus) . Penelitian ini menggunakan 20 ekor tikus putih jantan sehat dengan berat badan kurang lebih 100 g. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap, dengan empat macam kelompok perlakuan yai tu: kelompok perlakuan I (pemberian aquades), kelompok perlakuan II (pemberian dekoktum daun tempuyung 20 persen), kelompok perlakuan III (pemberian dekoktum daun tempuyung 40 persen) dan kelompok perlakuan IV (pemberian furosemid) . Keempat macam kelompok perlakuan masing-masing diulang sebanyak lima kali. Pada kelompok perlakuan II dan III (pemberian dekoktum daun tempuyung 20 persen dan 40 persen) diberikan dosis per-oral dalam satu kali pemberian sebanyak 10 ml/kg bb. Efek diuresisnya diperoleh dengan mengukur volume urin tiap 40 menit selama 320 menit, tiap volume urin dibuat persentasenya terhadap cairan yang dimasukkan. Pengolahan data hasil penelitian dengan uji F menunjukkan perbedaan yang nyata diantara keempat macam kelompok perlakuan dan setelah diuji dengan uji BNT 5 persen, kelompok perlakuan II dan III (pemberian dekoktum daun tempuyung 20 persen dan 40 persen) dapat menimbulkan diuresis yang berbeda nyata dengan kelompok perlakuan I (pemberian aquades), dan tak berbeda nyata dengan kelompok perlakuan IV (pemberian furosemid), tetapi ¢diantara kelompok perlakuan II (pemberian dekoktum daun tempuyung 20 persen) tidak menghasilkan perbedaan yang nyata dibanding dengan kelompok perlakuan III (pemberian dekoktum daun tempuyung 40 persen )

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1183/98 San p
Uncontrolled Keywords: Dekoktum Daun Tempuyung, Sonchus Arvensis, Diuresis Tikus Putih, Rattus Norvegicus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Yusak Sanjoyo, -NIM069312000
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAnita Asali, --
ContributorJulien Supraptini, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 25 Jul 2017 17:26
Last Modified: 12 Apr 2023 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item