Pengaruh Pemberian Kulit Biji Cokelat Yang Difermentasi Sebagai Pengganti Sebagian Pakan Komersial Terhadap Penampilan Ayam Pedaging Jantan

Sri Hastutik, - (1998) Pengaruh Pemberian Kulit Biji Cokelat Yang Difermentasi Sebagai Pengganti Sebagian Pakan Komersial Terhadap Penampilan Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
Fulltext - SRI HASTUTIK.pdf

Download (13MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak proses fermentasi terhadap penurunan kandungan serat kasar kulit biji cokelat, selain itu juga ingin mengetahui pengaruh pemberian kuilit biji cokelat yang difermentasi terhadap pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan ayam pedagingjantan. Penelitian dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah fermentasi kulit biji cokelat dengan menggunakan ragi tape. Dosis perlakuan adalah 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% dengan masing-masing empat ulangan. Fermentasi dilakukan selama tiga hari dan hasilnya dianalisis proksimat untuk mengetahui adanya penurunan kandungan serat kasar. Setelah diketahui dosis yang terbaik (kandungan serat kasar paling rendah) kemudian dilanjutkan tahap kedua. Perlakuan hewan coba dilakukan pada ayam pedaging jantan strain Hubbard sebanyak 40 ekor. A yam diacak dan perlakuan dilakukan dengan pemberian kulit biji cokelat yang difermentasi dengan dosis terbaik sebanyak 0%, 5%, 10%, 15% dan 20% dari ransum yang diberikan pada umur tiga sampai enam rninggu. Pakan yang digunakan adalah pakan komersial dari PT. Wonokoyo Jaya Corporation, BR I untuk periode starter dan BR II untuk periode finisher. Pengamatan dilakukan pada pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis ragi terbaik dalam menurunkan kandungan serat kasar adalah dosis 4%. Pemberian kulit biji cokelat basil fermentasi sampai tingkat 10% dari total ransum tidak berbeda nyata dengan kontrol (0%) terhadap pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan a yam pedaging jantan. Jadi kulit biji cokelat yang telah difermentasi dengan dosis ragi tape 4% dapat digunakan sebagai subtitusi pakan komersial sampai tingkat 10% tanpa berakibat negatif terhadap pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan a yam pedaging jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1198/98 Has p
Uncontrolled Keywords: Kulit Biji Cokelat, Ayam Pedaging Jantan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sri Hastutik, -NIM069311974
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDesianto Budi Utomo, --
UNSPECIFIEDHerman Setyono, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Jul 2017 18:03
Last Modified: 04 Apr 2023 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59588
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item