ESTIMASI USIA MENGGUNAKAN METODE TOOTH CORONAL INDEX GIGI PREMOLAR DUA RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MELALUI RADIOGRAFIK PANORAMIK

RANIA RIZKA RAMADANI, 021311133102 (2016) ESTIMASI USIA MENGGUNAKAN METODE TOOTH CORONAL INDEX GIGI PREMOLAR DUA RAHANG BAWAH BERDASARKAN KELOMPOK USIA MELALUI RADIOGRAFIK PANORAMIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 105 -17 Ram e abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 105 -17 Ram e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Estimasi usia dapat dilakukan dengan menggunakan gigi premolar dua rahang bawah melalui foto radiografi panoramik dengan metode Tooth Coronal Index (TCI).Radiografi panoramik dapat digunakan untuk identifikasi usia karena menghasilkan gambaran rahang atas dan rahang bawah serta jaringan yang mendukung dalam satu film yang besar. Metode ini dilakukan dengan mengukur radiolusen pulpa gigi oleh deposisi dentin sekunder dan menghubungkannya dengan usia. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara selisih usia kronologis dan biologis menggunakan metode Tooth Coronal Index pada gigi premolar dua rahang bawah berbagai kelompok usia yaitu usia 12-25 tahun (Remaja), 26-45 tahun (Dewasa), 46-65 tahun (Lansia), dan 65 tahun keatas (Manula) melalui pengamatan foto radiografi panoramik. Metode: Mengukur nilai TCI gigi premolar dua rahang bawah melalui gambaran foto radiografi panoramik dilakukan dengan mengukur mengukur tinggi ruang pulpa (Coronal Height) dan tinggi mahkota gigi (Coronal Pulp Cavity Height) secara vertikal dari Cemento Enamel Junction (CEJ). Setelah memperoleh nilai TCI, nilai tersebut dilakukan uji regresi agar mendapatkan usia biologis. Kemudian dihitung selisih antara usia kronologis dan biologis pada berbagai kelompok usia. Hasil: Rata-rata selisih usia terkecil didapatkan pada kelompok usia dewasa yaitu ±3.66 tahun dan selisih usia terbesar didapatkan pada kelompok usia manula yaitu ±7.74 tahun.Kesimpulan: Kelompok usia dewasa (26-45 tahun) memiliki selisih usia yang terkecil dibandingkan kelompok usia lainnya sehingga paling sesuai digunakan dalam estimasi usia dengan TCI. Kata Kunci: estimasi usia, tooth coronal index, radiografi panoramik, gigi premolar dua, kelompok usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 105 -17 Ram e
Uncontrolled Keywords: estimasi usia, tooth coronal index, radiografi panoramik, gigi premolar dua, kelompok usia.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RANIA RIZKA RAMADANI, 021311133102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEha Renwi A., Dr., drg., M.Kes., Sp. RKG (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorSri Wigati Mardi Mulyani, Dr.,drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 31 Jul 2017 19:23
Last Modified: 31 Jul 2017 19:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59641
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item