PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa Striatta) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAST PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA POST EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR (Rattus Norvegiccus)

RETNO KANTHININGSIH, 021311133034 (2016) PENGARUH EKSTRAK IKAN GABUS (Channa Striatta) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAST PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA POST EKSTRAKSI GIGI TIKUS GALUR WISTAR (Rattus Norvegiccus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 109 -17 Kan p abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 109 -17 Kan p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2022.

Download (738kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pencabutan gigi merupakan tindakan invasive yang menimbulkan luka dan kerusakan jaringan. Luka pascapencabutan gigi mengalami 4 proses fase penyembuhan yaitu fase hemostasis, fase inflamasi, fase proliferasi dan fase maturasi. Fibroblas merupakan sel yang penting peranannya pada fase proliferasi. Salah satu faktor yang mempercepat penyembuhan adalah nutrisi. Ikan gabus (Channa Striatta)merupakan salah satu sumber nutrisi yang mengandung albumin,Zn, Fe,Mg,Cu dan asam lemak tak jenuh yang memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka terutama peranannya dalam membantu proses fibroplasia. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh ekstrak ikan gabus (Channa Striatta) terhadap peningkatan jumlah fibroblast pada proses penyembuhan luka pasca ekstraksi gigi tikus galur wistar (Rattus Norvegiccus). Metode : tikus galur wistar jantan sebanyak 24 ekor dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan dan kontrol. Masing-masing kelompok dibagi menadi 3 sub kelompok yaitu pengamatan hari ke-3, ke-5, dan ke-7. Pada kelompok kontrol diberikan gel CMC-Na sedangkan pada kelompok perlakuan diberikan ektrak ikan gabus ditambah CMC-Na. Setelah itu dilakukan pengamatan terhadap sel fibroblast secara HPA. Hasil : jumlah rata-rata sel fibroblast pada kelompok perlakuan pada hari ke-3,hari ke-5 dan hari ke 7 lebih tinggi jika dibandingkan pada jumlah ratarata sel fibroblast pada kelompok kontrol hari ke-3,hari ke-5 dan hari ke-7. Kesimpulan : ekstrak ikan gabus (Channa Striatta)dapat meningkatkan jumlah fibroblast pada proses penyembuhan luka pasca ekstraksi gigi tikus galur wistar (Rattus Norvegiccus). Kata Kunci : Ekstrak Ikan Gabus, Penyembuhan Luka, Sel Fibroblast

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 109 -17 Kan p
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Ikan Gabus, Penyembuhan Luka, Sel Fibroblast
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD92-97.8 Emergency surgery. Wounds and injuries
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RETNO KANTHININGSIH, 021311133034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoesanto, R., drg., M. Kes., Sp. BM (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorAndra Rizqiawan, drg., Ph.D., Sp.BMUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 31 Jul 2017 19:58
Last Modified: 31 Jul 2017 19:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item