MANAJEMEN PAKAN PADA PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI PT. SURYA WINDU KARTIKA DESA BOMO KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR

RASYIDAN RIZQI RAMADHAN, 141111133 (2016) MANAJEMEN PAKAN PADA PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI PT. SURYA WINDU KARTIKA DESA BOMO KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI PROVINSI JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 160-16 Ram m ABSTRACT.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 160-16 Ram m LAPORAN PKL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam usaha peningkatan ekspor nonmigas, udang merupakan salah satu komoditas penting untuk penambahan cadangan devisa negara. udang vannamei merupakan salah satu spesies ekonomis penting, Sehingga banyak dibudidayakan. Guna meningkatkan produksi udang Vannamei secara maksimal, diperlukan adanya manajemen pakan pada pembesaran udang vannamei karena pakan merupakan komponen terbesar dalam pembiayaan sangat menentukan keberhailan budidaya. Tujuan dari praktik kerja lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan keterampilan lapangan tentang manajemen pakan pada pembesaran udang vannamei, serta dapat mengetahui masalah yang terjadi serta solusi dalam manajemen pakan pada proses pembesaran udang vannamei. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. SURYA WINDU KARTIKA, Desa Bomo, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur mulai tanggal 20 Januari 2014 sampai 15 Februari 2014. Metode kerja yang digunakan dalam praktik kerja lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer, dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Jenis usaha budidaya udang vannamei ini milik perseorangan. Kegiatan usaha budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei) pada PT. SWK Unit Bomo B menggunakan sistem budidaya teknologi intensif dan menggunakan sistem semi close system (sedikit ganti air). Manajemen Pemberian pakan udang vannamei meliputi : manajemen pemberian pakan, jenis pakan udang vannamei, frekuensi dan waktu pemberian pakan, konsumsi pakan, manajemen kualitas air, cara pemberian pakan, program pemberian pakan, aplikasi probiotik, dan pengelolaan kuatias air. Jenis pakan yang dipakai adalah jenis pakan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan nutrisi pakan udang vannamei. Pemberian pakan dilakukan lima kali sehari yakni pukul 06.00, 10.30, 14.00, 17.00, dan 21.30. sedangkan untuk tiga kali sehari yakni pukul 07.00, 11.00, dan 15.00 Pemberian probiotik dilakukan satu kali sehari yaitu pada pagi hari. Pengontrolan kualitas air meliputi : Salinitas 24 – 28 ppt, pH 7,9 - 8,4 , Suhu 27,2° - 30°C, DO 2,38 – 3,85 ppm, kecerahan 10 – 16 cm, dan warna air dari hijau tua hingga coklat tua, yang diamati dua kali sehari.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.160/16 Ram m
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
RASYIDAN RIZQI RAMADHAN, 141111133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 31 Jul 2017 23:25
Last Modified: 31 Jul 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item