PENGARUH PEMBERIAN PAKAN BUATAN YANG DI BERI IMUNOSTIMULAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, EFISIENSI PAKAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

G. Bima Ambara Arya Diyon Satunggal, 141211133030 (2016) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN BUATAN YANG DI BERI IMUNOSTIMULAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, EFISIENSI PAKAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 30 - 17 Sat p-Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 30 - 17 Sat p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname merupakan salah satu komuditas unggulan revitalisasi perikanan Indonesia. Pakan merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya udang, dengan biaya operasional mencapai 60% - 70% dari total biaya produksi. Salah satu cara untuk menekan biaya pakan adalah dengan meningkatkan nutrisi dan kualitas pakan. Pakan yang memiliki protein sesuai dengan kebutuhan nutrisi udang akan meningkatkan pertumbuhan udang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan buatan yang diberi imunostimulan terhadap laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pakan dan rasio konversi pakan pada udang vaname. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juli 2016 di laboratorium basah Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, Surabaya. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah perbedaan konsentrasi penambahan imunostimulan yang terdiri dari perlakuan tanpa penambahan imunostimulan, perlakuan dengan penambahan imunostimulan pada pakan sebanyak 8 ml/kg pakan, 10 ml/kg pakan, 12 ml/kg pakan, 14 ml/kg pakan. Analisis statistik menggunakan Analyze Of Variance (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian pakan buatan yang diberi imunostimulan memberikan pengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pakan dan rasio konversi pakan. Penambahan imunostimulan pada pakan meningkatkan laju pertumbuhan spesifik udang vaname sebesar 13,26%. Penambahan imunostimulan pada pakan meningkatkan evisiensi pakan udang vaname sebesar 97,46%. Penambahan imunostimulan pada pakan dapat menurunkan rasio konversi pakan udang vaname sebesar 0,170.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 30 - 17 Sat p
Uncontrolled Keywords: Artificial Feed ; Immunostimulant ; Growth Rate, Vaname Shrimp
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
G. Bima Ambara Arya Diyon Satunggal, 141211133030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 01 Aug 2017 20:47
Last Modified: 01 Aug 2017 20:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item