PENERAPAN TEKNOLOGY TRIPLOIDISASI PADA PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN KOTA BATU

SILVI HARDIYANA, 141211133097 (2016) PENERAPAN TEKNOLOGY TRIPLOIDISASI PADA PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN KOTA BATU. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP 168-16 Har p ABSTRACT.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 168-16 Har p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koi berasal dari bahasa jepang yang berarti karper, yang intinya yaitu ikan yang bersulam emas atau perak. Dijepang, menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan dan termasuk ikan hias yang sangat diminati oleh semua kalangan. Jenisnya di bedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL)di Instalasi Budidaya Air Tawar Punten Kota Batu adalah untuk mempraktekan secara langsung teknik pembenihan secara Triploidisasi, mengetahui faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pembenihan ikan koi secara triploid dan hambatan yang muncul dalam proses pembenihan. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari hingga 12 Pebruari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Triploidisasi merupakan salah satu metode untuk menghasilkan ikan yang steril adalah dengan manipulasi kromosom. Benih triploid diperoleh dengan memberi kejutan suhu atau tekanan setelah pembuahan dengan menggunakan spermatozoa aktif. Triploidisasi dalam usaha budidaya dilakukan karena dua alasan yaitu pertumbuhannya lebih cepat dan menghasilkan ikan yang steril.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.168/16 Har p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
SILVI HARDIYANA, 141211133097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 Aug 2017 00:04
Last Modified: 02 Aug 2017 00:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item