ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JAMBLANG HITAM TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS PADA PASIEN ORTODONTI CEKAT (Di Klinik RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Unair)

SIGIT AHMAD INDARTO, 021311133030 (2016) ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JAMBLANG HITAM TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS PADA PASIEN ORTODONTI CEKAT (Di Klinik RSGM Fakultas Kedokteran Gigi Unair). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 111-17 Ind a ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 111-17 Ind a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Estetika merupakan salah satu aspek yang saat ini banyak menjadi perhatian orang, termasuk di bidang kedokteran gigi. Perawatan ortodonti menimbulkan peningkatan resiko karies, terutama pada peranti ortodonti cekat. Dampak negatif lain selain karies pada pemakaian ortodonti cekat adalah munculnya timbunan plak di sekitar bracket yang menempel di gigi. Aktivitas bakterisida dari daun Syzygium cumini adalah karena kandungan flavonoid dan tanin didalamnya. Tujuan: mengetahui pengaruh ekstrak Syzygium cumini terhadap koloni Streptococcus mutans pada pasien peranti ortodonti cekat. Metode: Ekstrak daun jamblang hitam dibuat, Pengambilan sampel berkumur pada subjek dengan setiap perlakuan, Pengenceran sampel berkumur sampai 10-3, pelaksanaan inkubasi setiap tabung pada suhu 37oC selama 24 jam, Pengambilan hasil inkubasi sebanyak 1 osse dan ditanam pada media TYC, pengecekan hasil penanaman, lalu jumlah koloni dihitung dengan colony counter dengan satuan CFU. Hasil: hasil yang ditunjukkan pada jumlah koloni diketahui terdapat penurunan sebanyak 40-60%. pada hasil penghitungan secara parametrik, data penelitian ini bersifat normal (p>a), dan terdapat perbedaan signifikan antar sampel menggunakan uji paired samples t test (p<a; H1 diterima). Kesimpulan: daun jamblang hitam (Syzygium cumini) memiliki daya antibakteri terhadap bakteri Streptococcus mutans. Kata kunci: daun jamblang hitam, antibakteri, peranti ortodonti cekat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 111-17 Ind a
Uncontrolled Keywords: daun jamblang hitam, antibakteri, peranti ortodonti cekat
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SIGIT AHMAD INDARTO, 021311133030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Sjafe’i., drg., MS., Sp.Ort (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorThalca Hamid, Prof. , drg., MHPED., Sp.Ort (K)., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Aug 2017 00:57
Last Modified: 02 Aug 2017 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item