PENERAPAN METODE AIR BLAST FREEZING (ABF) PADA PEMBEKUAN IKAN SALMON CHUM (Oncorhynchus keta) DI PT. MARINE CIPTA AGUNG, PASURUAN, JAWA TIMUR

GINZA MUTIARA DEWAYANI, 141311133125 (2016) PENERAPAN METODE AIR BLAST FREEZING (ABF) PADA PEMBEKUAN IKAN SALMON CHUM (Oncorhynchus keta) DI PT. MARINE CIPTA AGUNG, PASURUAN, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.226-16 Dew p ABSTRACT.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.226-16 Dew p LAPORAN PKL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Salmon mengandung protein kualitas tinggi dan omega 3 yang dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan kerja otak. Ikan Salmon tidak ada di perairan Indonesia, tetapi ikan-ikan tersebut diimpor dari negara produsen, kemudian diolah kembali menjadi produk perikanan baru sehingga dapat diekspor ke negara lain. Untuk mempertahankan kesegaran dan mutu ikan dengan baik selama ekspor, maka dilakukanlah pengolahan dan pengawetan ikan. Pembekuan merupakan salah satu cara pengawetan untuk mempertahankan mutu ikan dan meminimalisir kerusakan. Metode yang banyak digunakan pada proses pembekuan adalah metode Air Blast Freezing. Tujuan pelaksanaan Prkatek Kerja Lapang (PKL) ini mengetahui metode Air Blast Freezing (ABF) pada pembekuan Ikan Salmon Chum (Oncorhynchus keta) serta mengetahui hambatan dalam produksi Ikan Salmon Chum (Oncorhynchus keta) menggunakan metode Air Blast Freezing (ABF). Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Marine Cipta Agung yang terletak di desa Wonokoyo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini telah dilakukan mulai 18 Januari sampai 19 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan partisipasi aktif.Tahapan proses produksi ikan Salmon Chum (Oncorhynchus keta) adalah penerimaan bahan baku, defrost atau thawing, pengukusan, pengelupasan kulit ikan, pengambilan daging merah, filleting, pengambilan duri ikan, pengecekan awal, pengecekan I, pengecekan II, pengecekan ulang, pendeteksian logam, pengeblokan, pembekuan metode Air Blast Freezing, pengemasan, penyimpaan. Proses produksi metode Air Blast Freezing (ABF) menggunakan suhu -35oC hingga -40oC selama 6 jam, sehingga pabrik dapat menghasilkan 3 ton dalam satu hari. Berat produk dalam satu kardus adalah 20 kg dengan ukuran kardus sebesar 48 cm x 27 cm x 20 cm. Hambatan produksi flake salmon di PT. Marine Cipta Agung terletak pada proses pengambilan duri.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP.226/16 Dew p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
GINZA MUTIARA DEWAYANI, 141311133125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 Aug 2017 01:01
Last Modified: 02 Aug 2017 01:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item