ASPEK ESTETIK DENTOFASIAL UNTUK KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN MULUT (Studi Observasional Analitik di Klinik Spesialis Ortodonti RSGM-P FKG Unair)

AULIA FITRI JUNAIDI, 021311133006 (2016) ASPEK ESTETIK DENTOFASIAL UNTUK KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN MULUT (Studi Observasional Analitik di Klinik Spesialis Ortodonti RSGM-P FKG Unair). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KG. 119-17 Jun a abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KG. 119-17 Jun a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Maloklusi adalah suatu bentuk oklusi yang menyimpang dari bentuk standar yang diterima sebagai bentuk normal yang dapat mengakibatkan beberapa gangguan atau hambatan dalam diri penderitanya serta dapat menimbulkan masalah estetik. Maloklusi mempunyai dampak yang besar dalam hal kualitas hidup, kecemasan, batasan fungsional, dan kondisi emosional terutama pada usia remaja. Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan estetik dentofasial dengan kualitas hidup terkait kesehatan mulut pasien maloklusi usia remaja. Metode: penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampling dengan total sampling. Sebanyak 18 pasien maloklusi di klinik Spesialis Ortodonti RSGMP Universitas Airlangga telah diperiksa tingkat estetiknya menggunakan Aesthetic Component IOTN dan melengkapi kuesioner Oral Health Impact Profile (OHIP-14). Hasil: penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan secara keseluruhan antara tingkat estetik dentofasial dengan kualitas hidup terkait kesehatan mulut (p=0,000; signifikan jika p<0,05) yang diuji dengan uji Pearson’s Correlation. Kesimpulan: Estetik dentofasial memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas hidup terkait kesehatan mulut pada dimensi rasa sakit fisik, ketidaknyamanan psikis, ketidakmampuan psikis, dan handicap, sedangkan tidak memiliki hubungan yang siginifikan dengan dimensi keterbatasan fungsi, ketidakmampuan fisik, dan ketidakmampuan sosial. Namun secara keseluruhan estetik memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas hidup terkait kesehatan mulut. Kata kunci: IOTN (Index of Orthodontic Treatment Need), OHIP (Oral Health Impact Profile)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 119-17 Jun a
Uncontrolled Keywords: IOTN (Index of Orthodontic Treatment Need), OHIP (Oral Health Impact Profile)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AULIA FITRI JUNAIDI, 021311133006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThalca Hamid, Prof., drg., MHPEd., Sp.Ort(K)., PhDUNSPECIFIED
Thesis advisorIda Bagus Narmada, Dr., drg., Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Aug 2017 02:33
Last Modified: 02 Aug 2017 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item